banner 200x200

Home / Batam

Kamis, 16 Mei 2024 - 00:57 WIB

BP Batam jajaki kerja sama pengelolaan air limbah domestik

Batam : Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan menjajaki kerja sama pengelolaan air limbah domestik guna menjaga kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan.

Hal tersebut dengan melakukan upaya penjajakan kerjasama pengelolaan air limbah domestik melalui L2T2 dan L2T3 (Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal) di Kota Batam bersama PT Bima Sakti Alterra di Bali.

Penjajakan kerjasama ini disejalankan dengan studi tiru ke Badan Layanan Umum Pengelola Air Limbah (BLUPAL) Provinsi Bali.

Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Binsar Oktavidwin Tambunan mengatakan PT Bima Sakti Alterra merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang sudah mempunyai jaringan kerjasama yang sudah sangat luas.

“PT Bima Sakti Alterra, telah melayani kebutuhan bisnis ratusan PDAM di seluruh Indonesia, melalui penyediaan teknologi yang dapat menunjang aktivitas operasional,” kata Binsar.

Tidak hanya penyediaan teknologi penunjang dalam pengelolaan air bersih, namun PT Bima Sakti Alterra juga telah mengembangkan teknologi dalam pengelolaan air limbah domestik.

“Jadi mereka (PT Bima Sakti Alterra) sudah mempunyai teknologi dalam pengolahan air limbah yang cukup canggih. Bukan hanya untuk limbah cair, namun juga untuk lumpur tinja,” ujar dia.

Ia melanjutkan kunjungan Badan Layanan Umum Pengelola Air Limbah (BLUPAL) Provinsi Bali juga merupakan kesempatan yang bagus untuk Kota Batam kedepannya.

Sebagaimana yang diketahui, Provinsi Bali merupakan salah satu provinsi yang terkenal sebagai tujuan pariwisata, baik secara domestik maupun mancanegara.

Oleh sebab itu, penjajakan kerja sama dan studi tiru ini merupakan suatu kesempatan bagi Kota Batam untuk berkolaborasi dan studi tiru dari Provinsi Bali dalam penanganan air limbah domestik yang sudah cukup baik.

“Sehingga, pembangunan infrastruktur Kota Batam yang sangat baik saat ini, berbanding lurus atau tidak tertinggal untuk pengelolaan lingkungannya,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bima Sakti Alterra, Ida Bagus Surya Sanjaya menyambut baik atas rencana kerja sama pengelolaan air limbah ini.

Kerja sama ini merupakan bentuk antisipasi pencemaran lingkungan yang dihasilkan limbah domestik.

“Kami apresiasi Kota Batam yang sudah mulai (mengantisipasi dampak lingkungan) dengan baik. Kami tentunya sudah siap untuk bekerjasama yang saling menguntungkan dalam pengelolaan limbah ini,” kata Ida**

Share :

Baca Juga

Batam

Kunker Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Pulau Nipah, Pulau Terdepan di Indonesia

Batam

Peringatan Nuzul Qur’an, Wali Kota Batam Didampingi Wakil Gubernur Kepulauan Riau Menyerahkan Secara Simbolis Santunan Kepada 1500 Anak Yatim

Batam

Kecelakaan Beruntun Terjadi di Tiban Batam, Dua Pelajar Dilarikan ke Rumah Sakit

Batam

Dua Terdakwa Kurir Sabu Lintas Daerah Dituntut 12 Tahun Penjara

Batam

Dirlantas Polda Kepri Akan Terapkan Warna Plat Hijau Hitam Kendaraan Kawasan FTZ

Batam

Polsek Lubuk Baja Gelar Operasi Yustisi Penertiban Prokes

Batam

KPK: Peredaran Rokok di Batam Melebihi Kebutuhan Masyarakat

Batam

BP Batam Segera Bayarkan Santunan Kepada 31 KK yang Pindah ke Hunian Sementara