banner 200x200

Home / Meranti / Riau

Sabtu, 6 Mei 2023 - 12:26 WIB

PUPR Meranti bersama Pemerintah Provinsi Riau Bersenergi Membangun Meranti

Meranti– Ceca harapan di tanah penghasil sagu ini. Pesatnya pembangunan infrastruktur di bawah Era kepemimpinan Plt Dinas PUPR Kepulauan Meranti Rahmad Kurnia, ST yang bersinerji bersama Sekretaris Fajar Triasmoko, MT serta kepala bidang dan staff Dinas PUPR melanjutkan program pemerintah yang di harapkan masyarakat Meranti.

Seperti pembangunan ruas jalan Tanjung Samak- Repan serta beberapa ruas jalan SK kabupaten dan beberapa perbaikan Kantor Lurah, maupun pengerjaan ruas jalan melalui program swakelola.

Hal ini lah, membuat masyarakat menitipkan harapan di pundak Dinas PUPR. Karena komitmen Dinas PUPR Meranti ini tampa mengenal lelah melakukan terobosan serta berkomunikasi yang baik dengan banyak pihak.

Ini lah membuat PUPR Meranti mendapat dukungan penuh dari para tokoh Masyarakat meranti pekanbaru serta pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Saat ini, bentuk keseriusan antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemda daerah Meranti mengeset pembangunan Jalan Provinsi yang di Kampung Balak – Alai Selatpanjang, Walaupun dirubah dan memakan anggaran yang lebih ekonomis, ini merupakan bentuk Sinergis antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemda daerah Meranti untuk memperkuat Perekonomian Masyarakat.

 

Peninjauan ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau Drs. H. Masrul Kasmi, Msi, kadis PUPR Provinsi Riau Arif Setiawan, Dishub Provinsi Riau, dan Tokoh Masyarakat Meranti Wan Abu Bakar dan mantan wakil Bupati Priode Kedua Siad Hasyim, pihak PT. EMP Malaka Strait, Plt Kepala Dinas PUPR Kepulauan Meranti Rahmat Kurnia, ST yang didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kepulauan Meranti Fajar Triasmoko, MT.

Baca Juga :  Menyamar sebagai Polisi,Ternyata Begal Motor

 

Dihadapan Wartawan Kadis PUPR Provinsi Riau, Arif Setiawan Kamis (4/5/2023) siang menyampaikan dari DED ruas Kampungbalak – Alai – Selatpanjang (trase lama) ada wilayah tergenang banjir. Jika dipaksakan untuk menyelesaikan di jalur itu, tambah Arif, setidaknya membutuhkan dana yang tak sedikit.

“Ruas jalan Tanjung Peranap, Alai dan Selatpanjang, hampir 13 km itu dari hasil DED, wilayah tergenang banjir, butuh dana besar Rp 2,4 triliun. Dari segi keuangan, tidak mungkin diselesaikan,” katanya.

Dari hasil koordinasi dengan pihak Kabupaten Kepulauan Meranti, maka Arif menyebutkan jalan tersebut akan diubah, dan nantinya jalan tidak lagi melewati daerah genangan air, namun masuk areal tanah dan jalan perusahaan (PT EMP/PT ITA).

“Nanti kawan-kawan dari Meranti lah yang berkoordinasi dengan perusahaan untuk mengubah trase yang sudah di SK sebelumnya. Kami tidak akan melaksanakan pembangunannya sebelum masuk SK provinsi,” jelasnya.

Ditambahkan dia, meski jalan akan diubah dan belum ada kepastian, namun pekerjaan di ruas Alai – Kampungbalak terus digesa. Untuk tahun ini, akan dibangun sepanjang lebih kurang 3 KM.

“Dari DAK akan dibangun 1,84 KM dan APBD Riau 1 KM, berarti sekitar 3 KM untuk tahun ini. Setiap tahun ada pembangunan jalan di sana. Kalau sudah masuk Lokpri nya Bappenas, pasti masuk dananya tiap tahun,” pungkasnya.

Baca Juga :  Baru Dibangun: Puskesmas Pulau Merbau Rusak & Retak, Warga Minta Dinas Bongkar Seluruh Yang Rusak & Diperbaiki

Sementara itu dilokasi yang sama Plt Kadis PUPR Kepulauan Meranti, Rahmat Kurnia ST, didampingi Sekretaris Fajar Triasmoko MT, mengucapkan terimakasih ke Pemprov Riau yang telah memberikan perhatian ke Kota Sagu.

Ditambahkan nya, kalau Pemkab Meranti melalui Dinas PUPR sangat mendukung upaya ini. Supaya akses menuju Kepulauan Meranti bisa secepatnya terbuka luas dan perekonomian bisa meningkat pesat.

“Kami secepatnya akan berkoordinasi dengan perusahaan dan pihak terkait agar trase baru bisa segera terwujud dan bisa dibangun oleh Dinas PUPR Riau,”katanya.

Ditambahkan Sekretaris Fajar Triasmoko MT kalau Provinsi Riau sudah memperhatikan Meranti, dan tugas kami nantinya bagaimana areal perusahaan bisa kita gunakan untuk trase baru Jalan Alai – Kampungbalak.

“Tadi kita udah memiliki informasi yang mana masyarakat sudah menghibahkan lahan untuk trase baru, ini yang akan kita gesa. Termasuk pengajuan perubahan SK jalan ke provinsi,” katanya.

“Pada intinya, kami dengan pihak Provinsi Riau dalam hal ini PUPR Provinsi Riau sudah saling bersinergi, selama ini antara pemerintah daerah sudah sering berkomunikasi dengan baik. Mudah-mudahan, ini keinginan masyarakat terwujud nantinya,” harap Fajar.

 

Reporter : Misjan Tommy

Share :

Baca Juga

Berita

Hendak kabur Ke Malaysia, Polisi Bekuk Pelaku Curat Di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun

Meranti

Meriahkan HUT Polairud ke 71, Kapolres Meranti Jadi Pendonor Darah Pertama

Berita

Ustadz Abdul Somad Tiba Di Meranti

Meranti

Tim Relawan Meranti Bapak Usman Malik, SPi Apresiasi Suara Terbanyak nomor 2 di Caleg PAN DPRD Provinsi di Meranti

Meranti

Penemuan Mayat Di Kabupaten Kepulauan Meranti Ternyata Korban Speed Boot tengelam Di Selat Malaka Korban Bertambah jadi 10

Featured

Kapal Asing Berbendera Taiwan Masih Dalam Pemeriksaan “Anjing Pelacak Akan Diterjunkan”

Featured

Diduga Terlibat Narkoba,Dua Oknum PNS Dan Honorer Diringkus Polisi

Meranti

BKD Segera Ususlkan NIP Ke BKN, 216 CPNS Meranti Dinyatakan Sudah Lengkap
%d blogger menyukai ini: