class="post-template-default single single-post postid-254977 single-format-standard wp-custom-logo elementor-default elementor-kit-37444">

banner 200x200

Home / Batam / Berita

Kamis, 13 Juni 2024 - 07:45 WIB

Bea Cukai Batam Gagalkan Penyelundupan Sparepart Harley Davidson dari Luar Negeri

BATAM – Bea Cukai Batam menggagalkan upaya penyelundupan sparepart bekas motor Harley Davidson di Pelabuhan Batu Ampar, Batam akhir Mei lalu.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi BC Batam Evi Octavia mengatakan berdasarkan informasi yang mereka peroleh, terdapat perusahaan yang berniat memasukkan secara ilegal sparepart Harley ke Batam.

“PT AP (inisial perusahaan tersebut) berstatus sebagai importir umum. Atas informasi yang kami peroleh, kami melakukan penyelidikan atas barang tersebut,” kata Evi melalui siaran pers resmi, Rabu (12/6/2024).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, BC Batam menemukan sparepart bekas terdiri dari enam unit mesin Harley Davidson, rangka, serta aksesoris lainnya dalam kondisi bekas.

“Atas penindakan tersebut, barang bukti kemudian diamankan menuju gudang BC Batam di Tanjung Uncang,” katanya lagi.

Terhadap pelaku tindak pidana penyelundupan barang impor diatur dalam Pasal 102 huruf (a) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2006 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 Tentang Kepabeanan, dengan ancaman pidana penjara paling singkat satu tahun dan pidana penjara paling lama 10 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp5 miliar.

Tidak hanya untuk melindungi masyarakat dari potensi bahaya barang-barang ilegal yang tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan, namun juga upaya nyata BC Batam dalam mengamankan penerimaan negara,” pungkasnya.**

 

Reporter: HMS/Sbr 

Editor: Ura

Share :

Baca Juga

Batam

Cegah Covid-19, Pelni Diminta Hentikan Pelayaran ke Batam

Berita

Tak Kenal Siang Malam, Selama 5 Hari Vaksinasi Polda Riau Suntikkan 342.574 Dosis Vaksin

Batam

Rudi Ajak Masyarakat untuk Cerdas Dalam Memilih Tontonan

Berita

Belajar Tatap Muka, Hanya Untuk Enam Kecamatan Dikarimun

Berita

Minyak Goreng Di Karimun Kembali Langka

Berita

Dinsos P3AP2KB Meranti Gelar Penguatan Kelembagaan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak

Berita

Simpan 5,74 Gram Sabu, Satu Orang Pemuda di Desa Tarai Bangun Diringkus Polisi

Berita

Satgas Pamtas Yonif 132/BS Kembali Amankan Pemuda Pembawa Ganja Di Perbatasan RI-PNG