banner 200x200

Home / Nasional / Pendidikan

Kamis, 26 Januari 2017 - 12:47 WIB

Gawat !!! Logo Palu-Arit Beredar di Buku SMA

Liputankepri.com,JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyayangkan adanya temuan gambar logo mirip palu arit dalam buku yang beredar di sejumlah daerah. Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Supyaitno menegaskan, buku tersebut bukan kisi-kisi soal ujian nasional (UN) 2017.

“Buku yang ditemukan terdapat motif gambar yang dianggap kurang baik yang disampaikan dalam pemberitaan beberapa media tersebut, bukan merupakan kisi-kisi UN. Karena kisi-kisi UN disusun dan ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/1).

Totok mengatakan, Kemendikbud menyediakan situs kemdikbud.go.id untuk menginformasikan kisi-kisi UN. “Kisi-kisi ujian nasional telah disusun dan ditetapkan oleh BSNP, dan para peserta UN dapat mengunduhnya di laman resmi UN,” katanya.

Ia menjelaskan, para siswa dan guru dapat mengakses kisi-kisi sebagai rambu-rambu yang akan diujikan dalam UN 2017. Kisi-kisi tersebut, ia menjelaskan, disusun oleh BSNP berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.

BSNP telah menerbitkan surat edaran nomor 0075/SDAR/BSNP/IXX/2016, tentang Kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016/2017. Surat edaran tersebut disampaikan kepada seluruh kepala dinas pendidikan provinsi, dan kepala kantor wilayah Kementerian Agama, yang menyebutkan bahwa telah dikeluakan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMPLB/SMALB, dan kisi-kisi UN Paket B dan Paket C.

“Selain kisi-kisi, BSNP juga telah menerbitkan Prosedur Operasional Standar UN (POS UN) tahun pelajaran 2016/2017 yang dapat diakses dalam laman resmi UN tersebut,” ujar Totok.

POS UN menjelaskan tentang pengaturan penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan UN jenjang SMP/MTs/SMP Teologi Kristen, SMPLB, SMP Terbuka, SMA/MA/Sekolah Menengah Agama Katolik/Sekolah Menengah Teologi Kristen, SMALB, SMK/MAK, SMA Terbuka, Satuan Pendidikan Kerjasama, serta Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C tahun pelajaran 2016/2017. POS UN mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan pada 23 Januari 2017.

Share :

Baca Juga

Featured

Presiden Jokowi Akan Lantik KSAL Pengganti Laksamana Ade Supandi

Karimun

Dalam Rangka Pengecekan TMMD,Tim WAS EV Ke 101 Berkunjung ke Karimun

Meranti

Danramil 02/Tebing Tinggi Kasi Pencerahan SMK SKM Selatpanjang dalam PLS Tahun 2017.

Nasional

700 Perempuan Seniman Menentang Donald Trump

Nasional

Kapolres Kampar Expos Penangkapan 4 Pelaku Perampokan dan Pembunuhan Sadis

Karimun

Ini Pesan Kapolres Karimun : Mari Bersama Perangi Narkoba

Berita

Pria Paruh Baya Berstatus OTG, Jalani Isolasi Mandiri Ketat di Rumahnya

Meranti

FPI Meranti Resmi Di Bentuk