class="post-template-default single single-post postid-2845 single-format-standard wp-custom-logo elementor-default elementor-kit-37444">

banner 200x200

Home / Featured / Nasional

Rabu, 23 November 2016 - 19:46 WIB

Belanda-Indonesia Kerjasama Cari Bangkai Kapal Perang Hilang

Liputankepri.com,Jakarta – Hilangnya tiga kapal perang Kerajaan Belanda, HNLMS Kortenaer, HNLMS De Ruyter, dan HNLMS Java disesalkan oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Menurutnya, hilangnya kapala tersebut adalah kabar yang menyedihkan.

“Kapal yang hilang adalah kapal perang di laut Jawa,” ujar Rutte di Istana Kepresidenan Indonesia,seperti yang dilansir laman tempo.co Rabu, 23 November 2016.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertahanan Belanda telah mendapati tiga bangkai kapal perang mereka di Laut Jawa hilang secara misterius. Dua bangkai hilang secara keseluruhan, sementara satunya hanya hilang sebagian.

Adapun ketiga bangkai kapal perang tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2002. Dari hasil penelitian pasca penemuan, terkuak bahwa ketiga kapal tersebut tenggelam pada Pertempuran Laut Jawa yang menjadi momentum kekalahan luar biasa Belanda, Inggris, dan Australia oleh Jepang di Indonesia, tahun 1942.

Rutte melanjutkan bahwa pemerintah Indonesia telah menawarkan kerjasama dan bantuan untuk mencari bangka kapal yang hilang itu. Harapannya, dengan kerjasama ini, ke mana hilangnya bangkai kapal itu bisa segera diketahui untuk kemudian direbut kembali.

“Terima kasih kepada Indonesia yang telah menawarkan bantuan setelah kami medengar kabar menyedihkan soal kapal yang hilang,” ujar Rutte. Dalam waktu dekat, kata Rutte, akan ada koordinasi dan komunikasi lebih lanjut perihal kerjasama itu.**

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Sekda Meranti Buka Lomba Cita Rasa Minuman Berbahan Baku Gula Sagu

Featured

Bupati Karimun Minta Pemerintah Provinsi Buka Kran Impor di Kepri

Batam

Kasus Dugaan Cabul Pegawai Kejari Kembali Diperiksa

Featured

Resolusi Ocon Bersama Force India pada F1 2017

Berita

Kadisdik Kampar Ingatkan Kepala Sekolah, Jangan Bermain Dengan Dana BOS

Featured

Kasatres Narkoba Polres Karimun Bantah Anggotanya Terlibat Kasus Peredaran Sabu di Kundur

Berita

BC Pekan Baru Tegah Ratusan Ribu Batang Rokok Tanpa Cukai

Ekonomi

Disperindag Meranti Gelar Sidang Tera Ulang Timbangan