banner 200x200

Home / Natuna

Senin, 26 Februari 2024 - 21:27 WIB

Bupati Natuna Resmi Buka Rapat Monitoring SP4N–LAPOR Yang Digelar Diskominfo

Natuna – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Natuna menggelar rapat Monitoring dan Evaluasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N – LAPOR) di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Senin (26/02/2024) siang.

Rapat yang digelar oleh Dinas Kominfo Kabupaten Natuna itu dibuka oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi dan dihadiri oleh sejumlah OPD serta seluruh peserta rapat.

Peserta rapat terdiri dari seluruh sekretaris OPD, Sekretaris kecamatan, dan sekretaris Desa se Kabupaten Natuna.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna, Ikhwan Shalihin menyampaikan, rapat ini digelar untuk memantapkan sistem pengelolaan pelayanan masyarakat.

Menurutnya, program yang mulai ditangani oleh Dinas Kominfo Kabupaten Natuna sejak tahun 2022 itu belum maksimal dapat diakses oleh masyarakat.

“Sehingga mungkin sosialisasi perlu kita laksanakan. Tapi itu nanti di rapat kita bahas tarkait apa saja yang kita perlukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengadukan persoalan yang ada kepada pemerintah melalui SP4N -LAPOR ini,” kata Ikhwan Solihin.

Ikhwan Solihin menambahkan, sistem ini mengakomodir seluruh jenis layanan pengaduan yang berkenaan dengan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Sehingga pada rapat ini seluruh instansi pemerintah mulai dari tingkat kabupaten hingga desa harus ikut terlibat tanpa terkecuali.

“Sebab karena rapat ini dilaksanakan dengan mekanisme zoom meeting, maka peserta yang hadir di gedung ini segini saja,” terangnya.

Kedepan ia mengaku akan melakukan sosialisai kepada masyarakat agar dapat lebih banyak lagi yang menggunakan saluran layanan pengaduan tersebut.

“Dan mudah-mudahan melalui rapat ini kita dapat ide-ide dan kesepakatan yang baik untuk perbaikan penanganan sistem ini,” pungkasnya.

Bupati Natuna, Wan Siswandi, dalam sambutannya menegaskan bahwa sistem pengaduan ini sangat penting untuk dikelola semaksimal mungkin.

Karena pada proses penyelenggaraan APBD, pasti ada persoalan-persoalan yang tidak memenuhi keinginan masyarakat, yang muncul tapi tidak dapat tersalurkan.

“Hal-hal semacam ini harus kita akomodir melalui sistem ini,” ungkap Wan Siswandi.

Selain itu ia juga menyarankan kepada Diskominfo Kabupaten Natuna, dan seluruh jajaran pemerintah daerah, agar keluhan masyarakat dapat dialamatkan ke instansi yang tepat dan harus dijawab oleh satuan-satuan pemerintahan yang tepat juga.

Karena menurutnya, di setiap OPD ada bidang-bidang yang membidangi satu segmen kegiatan. Misal, di Dinas Perhubungan terdapat Bidang Perhubungan Udara yang jauh berbeda dengan Bidang Perhubungan Darat.

“Jadi jangan sampai masyarakat kecewa, karena yang dikeluhkan mengenai layanan kesehatan tapi pejabat yang menjawabnya orang Dinas Pendidikan. Itu tidak boleh terjadi,” tutup Wan Siswandi.**

 

Reporter: Khairud

Editor: Ura

Share :

Baca Juga

Natuna

Peringati HUT Basarnas ke-50, Mexianus Bekabel menjadi Inspektur Upacara

Natuna

Bupati Natuna Serahkan Hadiah Pemenang Festival Dangdut di Pantai Piwang

Natuna

Bupati Natuna Hadiri Syukuran HUT Kopasgat ke-75

Berita

Cuaca Memburuk, Polres Natuna Terus Upayakan Evakuasi Korban

Natuna

Wabup Natuna Salurkan Secara Simbolis Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro

Natuna

Bupati dan Wakil Bupati Natuna Sambangi Badan Riset SDM Kelautan dan Perikanan

Berita

KKP Tangkap Dua Kapal Ikan Asing di Natuna Utara

Natuna

Dinas P3AP2KB Gelar Rapat Tindak Lanjut Audit Kasus Stunting dan Monitoring Stunting