class="post-template-default single single-post postid-2274 single-format-standard wp-custom-logo elementor-default elementor-kit-37444">

banner 200x200

Home / Kepri / Meranti / Riau

Senin, 24 Oktober 2016 - 01:05 WIB

Meranti Bersholawat ,Ribuan Santri Padati Taman Cik puan

LIPUTANKEPRI.COM. SELAT PANJANG -Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim menghadiri acara Meranti Bersholawat, kegiatan sempena memperingati hari Santri Sedunia 1438 H, dipusatkan di Taman Cik Puan, Selatpanjang, Sabtu (22/10/2016).
Dalam sambutannya M Tartib selaku Ketua Pemuda Anshor Kabupaten Meranti dihadapan para tokoh agaka dan ribuan Santri mengatakan, kegiatan yang digelar oleh Badan Oronom Nahdatul Ulama (NU) itu mengambil tema dari Santri untuk negeri. Acara itu sendiri merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Meranti.
Kegiatan itu juga sebagai Resolusi jihat NU atas dikeluarkannya Keputusan Presiden yang menyatakan tanggal 22 Oktober sebagai hari Satri Nasional.

“Didasari untuk mensukseskan hari Santri Nasional itulah jajaran NU menggelar kegiatan ini. Dan didanai secara sukarela oleh masyarakat,” jelas Tartib seraya mengucapkan terima kasih kepada donatur yang turut mensukseskan acara itu.
“Kita ingin memberikan motivasi kepada para santri untuk terus belajar dan berkarya menuju negeri Baldatun Toybatul Warabun Ghofur,” harap Tartib.
Pada kesempatan itu Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H. Said Hasyim mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut, diharapkan dengan dikumandangkannya Milyaran Shalawat oleh para Santri NU diseluruh Indonesia malam itu dapat membawa Indonesia khususnya Meranti kedalam kemakmuran.
Lebih jauh dijelaskan H. Said Hasyim sejarah telah mencatat keberadaan santri dari sabang sampai meroke dibawah kepemimpinan pendiri NU K.H Hasyim dan Achmad Dahlan Ashari memiliki peran penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Dan kini di zaman modern saat ini perjuangan iru hndaknya terus dilanjutkan tapi dengan cara berbeda yakni jihat mengantisipasi kemerosotan akhlak dan moral serta meramaikan masjid.

“Dulu Santri turut berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia, kini Santri yang identik orang yang berilmu (orang sholeh) harus bisa melanjutkan perjuangan para pendiri NU dalam resolusi jihat 70 tahun lalu,” Himbau Wabup.
“Di zaman modern ini Santri harus dapat menjadi ujung rombak dakwah mengatasi kemiskinan moral dan aklak. Mari kita lanjutkan perjuangan tokoh Nu terdahulu,” ajaknya.
Sempena peringatan hari Santri Nasional ini Wabup juga mengajak Masyarakat bersama-sama satukan tekat berdakwah untuk memakmurkan, ajakan Wabup bukannya tidak beralasan hal itu dikarenakan semakin minimnya masyarakat yang sholat di masjid. Bahkan dikampung-kampung yang dulunya masjid dipenuhi oleh tua dan muda kini hanya diisi oleh orang tua saja.
“Jika ini dibiarkan apa yang kita cita-citakan yakni Meranti yang Baldatun Toybatul Warobun Ghofur akan sulit diwujudkan. Mari ajak anak saudara kita untuk memakmurkan masjid, mari berjuang dan berjihat memakmurkan masjid,” teriak H. Said Hasyim berapi-api membakar semangat para ulama.
Wabup juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran NU yang telah memfasilitasi acara itu.

“Semoga tidak hanya sekedar seremonial belaka, tapi perjuangan dakwah ini dapat aplikasikan secara nyata,” harapnya lagi.
Sekedar informasi malam itu Shalawat terus dikumandangkan oleh para Santri yang hadir. Al-Ustadz M. Gufron dalam pencerahannya mengajak mempertahankan ukuah islamiah, jangan sampai umat Muslim terpecah belah.

“Mari jaga kerukunan sesama manusia Indonesia yang beragam suku dan agama, jangan ada perpecahan antara kita yang terpenting jangan saling menghina,” ujar Al-Ustadz yang juga mengajak para Santri semangat berjuang dijalan Allah.
Turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Meranti Taufikirahman, Ketua MUI Ustad Mustapa, anggota DPRD Edi Masyudi dan Mundarsih, Kabag Kesra Sekdakab. Meranti Rosdaner, Para Ketua Organisasi Otonom NUpara pengasuh pondok Pesantren, tokoh agama/Adat/Masyarakat, Imam Masjid/Mushola, Ketua LSM, Ketua Paguyuban, dan ribuan santri yang memadati lokasi acara. (nik/nur/gun)

Share :

Baca Juga

Liputan Kriminal

Penemuan Mayat Tanpa Kepala Hebohkan Warga Pantai Koneng Desa Teluk Makmur

Meranti

Angkat Sagu Sebagai Komoditi Sekda Harapkan Dapat Kurang Angka Kemiskinan

Kepri

Persiapan Ramadhan dan Idul Fitri, BI Siapkan Uang Tunai Rp 2,11 Triliun

Ekonomi

Penyertaan Modal Pemkab Karimun Untuk Bank Riau Kepri Mencapai Rp 7 Milyar

Featured

Polisi Bekuk Tiga Pelaku Pemerkosaan di Bandara Raja Haji Fisabilillah

Berita

MK di Prediksi Terima Gugatan Sengketa Pilkada Karimun

Berita

ZU, Korban Pemerkosaan ; Terimakasih Pak Polisi, Sudah Memberikan Tempat Yang Nyaman

Berita

Antisipasi Covid-19, Pelabuhan Karimun Dijaga Ketat, Ini Syaratnya