class="post-template-default single single-post postid-4061 single-format-standard wp-custom-logo elementor-default elementor-kit-37444">

banner 200x200

Home / Featured / Nasional / Tekno

Minggu, 15 Januari 2017 - 20:22 WIB

Ngeri,Kesaksian Penumpang Wings Air saat Mesin Meledak

Liputankepri.com – Pesawat Wings Air jenis IW 1156 ATR 72-500 PK WFK mengalami insiden kemarin.Pesawat yang dipiloti Capten Djoko Sriyono ini take off pada Sabtu sekitar pukul 06.05 wita dari Bandara Mutiara Sis Aljufrie Palu menuju Bandara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk.Tiba-tiba bagian engine yang berada di sayap sebelah kanan tersebut meledak dan mengeluarkan percikan api.

Saat kejadian tersebut, 64 penumpang yang berada di dalam pesawat langsung histeris. Bagaimana tidak, usai ledakan terjadi bagian sayap sebelah kanan pesawat yang sudah mengudara sekitar 5 menit lamanya ini mengeluarkan api dan baling-baling pesawat seketika itu mati.

Bahkan, salah seorang penumpang bernama Selfi Kalangi hampir saja melakukan aksi nekad dengan melompat dari pesawat karena panic.

“Saya mungkin orang pertama yang melihat api itu. Karena, saya duduk tepat di samping sayap sebelah kanan. Bagian kanan baling-baling pesawat yang tiba-tiba meledak dan mengeluarkan percikan api saat pesawat sudah di udara sekitar 4 sampai 5 menit lamanya,”ungkap penumpang Wings Air asal Jalan Maleo, Kecamatan Palu Selatan ini.

 Ketika melihat ledakan tersebut hingga menyebabkan terbakarnya bagian sayap sebelah kanan pesawat tepat di depan matanya, Selfi langsung panik dan berteriak Allahuakbar sembari mencari celah untuk melompat dari atas pesawat.

Tapi niat itu urung. Selfi sudah pasrah di atas pesawat hingga mau pingsan. Pramugari pesawat Wings Air tujuan Palu-Luwuk-Manado tersebut, berusaha menenangkan Selfi serta 63 penumpang lainnya.

“Saya sudah panik sekali, dan berusaha mendobrak jendela untuk mencari jalan melompat dari atas pesawat. Karena, di depan mata saya api sudah membesar dan lama baru padam,”ungkap Selfi yang terlihat raut wajahnya cukup pucat ini.

Pilot pesawat Wings Air Capten Djoko Sriyono berusaha tenang dan membalikan arah pesawat untuk kembali mendarat di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Dalam perjalanan kembali ke bandara, Selfi menjelaskan bahwa posisi pesawat sudah miring karena mesin baling-baling sebelah kanan pesawat sudah tidak berfungsi.

“Saat mau mendarat, pesawatnya miring dan di situ saya kembali merasakan ketakutan. Akibat kejadian ini, membuat saya memutuskan untuk batal melihat anak mantu saya di Bangkep. Pihak Wings Air juga memberikan pelayanan yang bagus, karena mereka janji akan kembalikan uang dari tiket saya,”kata Selfie.

Alhamdulillah, pesawat Wings Air yang nyaris kecelakaan tersebut berhasil mendarat dengan sempurna di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, sekitar pukul 07.00 wita.

Setibanya di Bandara, seluruh penumpang keluar dengan raut wajah ketakutan. Separuh dari 64 penumpang tersebut memutuskan kembali melanjutkan perjalanan mereka dengan menggunakan pesawat lain.

“Kalau menurut saya, tidak apa-apa itu. Cuman bagian sayap kanan juga yang terbakar, dan tidak ada juga korban jiwa. Baru, kalau mau ketemu sama pihak Wings Air harus pakai surat tugas dari kantor. Soalnya, kami tidak berani karena belum ada ijin dari pimpinan,” ujar salah seorang Aviation Security UPBU Kelas 1 Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu dengan raut wajah ketakutan saat ditemui Sabtu kemarin.

Sekadar informasi, pihak Wings Air baru mengetahui peristiwa terbakarnya bagian engine sayap kanan pesawat saat salah seorang warga bernama Imam Mashuri (53), datang melapor ke pihak Wings Air bahwa ada benda yang diduga serpihan pesawat yang meledak menimpa atap rumahnya.

Saat melihat benda tersebut, ternyata memang benar serpihan tersebut adalah besi yang jatuh dari bagian engine sayap sebelah kanan yang meledak. (fcb)

 

Share :

Baca Juga

Batam

Kepri Diambang Sanksi,Jika Pengesahan APBD 2017 Lewat dari Bulan Desember

Kepri

Breakingnews : Gubernur Kepri ditetapkan sebagai tersangka suap proyek reklamasi

Kesehatan

Delapan Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia Di Madinah

Featured

Anggota Dewan Mangkir Saat Ikut Tes Urine Narkoba di Kantor DPRD Kepri

Featured

Things You Should Know Before Asking Someone to Write My Essay For Me

Nasional

Viral Di Medsos Bilal Meninggal Dunia Dalam Masjid Menunggu Untuk Melaungkan Azan

Berita

Terkait surat edaran Bupati Karimun tentang Covid-19, Ketua Yayasan LEMHUM MARITIM angkat bicara

Berita

Masyarakat Diharapkan Lebih Bijaksana Menjalani Bulan Suci Ramadhan