class="post-template-default single single-post postid-255238 single-format-standard wp-custom-logo elementor-default elementor-kit-37444">

banner 200x200

Home / Berita

Senin, 8 Juli 2024 - 13:47 WIB

Dihadiri Presiden Jokowi, Plt Bupati Asmar Ikuti Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Pemerintah Pusat Oleh BPK RI

JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar memenuhi undangan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam agenda Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dan Penyerahan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023.

Acara yang dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta jajaran kabinet itu berlangsung di gedung Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, Senin (8/7/2024).

Adapun Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 disampaikan langsung Ketua BPK RI, Dr. Isma Yatun kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bukan sebuah prestasi, melainkan kewajiban.

“Sering saya sampaikan, WTP bukan prestasi, tapi WTP adalah kewajiban menggunakan, menjalankan, dan mempertanggung jawabkan APBN dan APBD secara baik,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengimbau pemerintah pusat dan daerah untuk memperbaiki prosedur birokrasi yang rumit serta berharap reformasi struktural terus dilanjutkan agar pemerintah berjalan lebih efektif, efisien dan berorientasi pada hasil.

Lebih lanjut Jokowi meminta kepala daerah tetap menjaga inflasi di setiap daerah, dan menindaklanjuti serta menyelesaikan setiap rekomendasi BPK agar pengelolaan APBD dan APBN semakin baik.

“Disaat pertumbuhan ekonomi global melambat karena krisis ekonomi dan geopolitik, kita patut bersyukur tahun ini ekonomi Indonesia tumbuh 5,11 persen di kuartal pertama, oleh karena itu kita harus fokus dan mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun yang membawa kemajuan bagi negara ini,” jelasnya.

Usai kegiatan, Plt Bupati Asmar menyatakan akan menindaklanjuti arahan Presiden RI. Disamping itu rekomendasi BPK RI terhadap Laporan Keuangan juga menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Tentu kita akan menindaklanjuti apa menjadi arahan dan perhatian Bapak Presiden, sebagaimana yang telah kita laksanakan selama ini,” pungkas H. Asmar.

Turut hadir bersama Plt Bupati Asmar dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Fauzi Hasan. (ADV)

Share :

Baca Juga

Anambas

Jemaja Timur, UPP Saber Pungli Polres Anambas Gelar Sosialisasi

Berita

Warga Gogok Ditemukan Membusuk di Kebun Karet

Berita

Polsek Rangsang Barat Ungkap Kasus Sabu, Dua Pelaku Diringkus

Berita

DPRD Kepri: Penanganan Covid-19 di Karimun Berjalan Baik

Berita

BRI bidik calon nasabah “unbanked” daerah terpencil

Berita

Terbongkar Mafia tanah besar tersistematis dan terstruktur di Kabupaten Kampar berhasil diungkap oleh Polres Kampar

Berita

Amsakar: Dunia Usaha Terus Tumbuh, Ekonomi Pun Kian Bangkit

Berita

Ikuti Rakornas, Kapolres AKBP Andi Yul : Kami Siap Jaga Keamanan dan Kawal Investasi di Meranti