banner 200x200

Home / Featured / Nasional

Kamis, 25 Agustus 2016 - 13:07 WIB

Kemenhub Luncurkan Aplikasi Online Urus Perizinan Angkutan Laut

Liputankepri.com , Jakarta — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut (Simlala) secara full online.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo mengatakan, Simlala merupakan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk mengajukan permohonan layanan publik secara online, memudahkan monitor proses permohonan layanan publik sehingga mewujudkan layanan publik yang standar dan transparan.

“Penerapan aplikasi Simlala secara full online demi meningkatkan pelayanan publik di bidang penyelenggaraan dan pengusahaan angkutan laut serta untuk mendukung penerapan juga penyediaan data inaportnet di 16 pelabuhan,” ujarnya saat Commercial Launching Penerapan Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut (Simlala) secara full online di Kantor Kemenhub, seperti yang di lansir laman detik.com Jakarta, Senin (4/4).

Baca Juga :  Tokoh Masyarakat kecamatan Tebing Tinggi Barat mengucapkan Terimakasih Atas Terselenggaranya Pileg Dan Pilpres Yang Aman Dan Transparan

Ia menyebut, sejak tahun lalu Kemenhub telah banyak mengurangi pengurusan izin secara manual dan menggantikannya dengan sistem online. Ia mengatakan, hal tersebut merupakan komitmen Kemenhub untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Banyak pengurusan perizinan secara manual yang dikurangi dan dilakukan penyederhanaan perizinan,” lanjutnya.

Ia menambahkan, Menhub Ignasius Jonan juga tidak pernah bosan menegaskan betapa pentingnya peningkatan perbaikan pelayanan publik sektor transportasi.

Selain berkomitmen penuh mengembangkan dan membangun infrastruktur transportasi yang laik dan merata, kata dia, Kemenhub juga harus fokus meningkatkan kualitas pelayanan berbasis teknologi informasi.

Bicara Simlala, Sugihardjo menilai bukanlah hal baru karena telah dikembangkan sejak 2011 dan telah digunakan secara aktif sejak 2012 untuk layanan permohonan SIUPAL dan SIOPSUS.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polresta Barelang Amankan Sabu 26,7 Kg Dalam Lukisan Bunda Maria Asal Tiongkok

Dengan adanya Simlala, berbagai kemudahan bisa diperoleh pengguna jasa seperti tersedianya fasilitas pengecekan kelengkapan dokumen bagi pengguna jasa, kemudahan memonitor proses yang berjalan, kemudahan mendapatkan informasi tentang prosedur layanan, kepuasan dari adanya layanan yang standar, kemudahan untuk pengecekan validitas dokumen seperti SIUPAL, PKKA, RPT.

“Disamping itu para pengguna jasa tidak perlu lagi datang ke kantor Kemenhub untuk urus dojumen perizinan tapi cukup lewat aplikasi online,” katanya menambahkan.

Share :

Baca Juga

Nasional

Gempa Magnitudo 3,6 Guncang Mamasa Sulawesi Barat

Featured

Kepri Incar Ribuan Kapal Layar Parkir di Singapura

Berita

Gempa Bumi Guncang Filipina 4 Orang Tewas

Ekonomi

PT Timah (Persero) Serahkan  Bantuan CSR Semester II Tahun 2017

Batam

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kepri : Ada Oknum Bea Cukai Yang Tiba-tiba Menghilang

Featured

Wabup Karimun Ingatkan Agar Kades Terpilih Jangan Masuk Penjara

Meranti

Satu Unit Rumah Warga Selatpanjang Ludes Terbakar

Featured

Dendam Asmara Berujung Duka
%d blogger menyukai ini: