class="post-template-default single single-post postid-1527 single-format-standard wp-custom-logo elementor-default elementor-kit-37444">

banner 200x200

Home / Anambas

Senin, 12 September 2016 - 15:37 WIB

Menteri Kelautan Pulangkan 113 ABK Asal Vietnam

“Bukan hanya warga negara Vietnam yang di Anambas saja yang dipulangkan tapi yang ditahan di Batam juga dipulangkan melalui Natuna. ABK Vietnam dari batam diangkut dengan kapal Orca 1 yang berangkat bersamaan pada Senin (12/9) sekitar pukul 09.00 WIB. 

 

Liputankepri.com,Anambas – Sedikitnya 113 anak buah kapal (ABK) non yuridis asal Vietnam akan pulangkan ke negara asalnya. Semua ABK tersebut akan diangkut dari Anambas menggunakan dua kapal pengawas perikanan yakni Orca 2 dan Orca 4 pada hari ini Senin (12/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

Semua ABK tersebut akan diangkut dari Anambas menggunakan dua kapal pengawas perikanan yakni Orca 2 dan Orca 4 pada hari ini Senin (12/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dua kapal pengangkut ABK kapal asing tersebut akan tiba di Pelabuhan Teluk Lampa Natuna pada keesokan harinya Selasa (13/9).

Setelah sampai di pelabuhan dijadwalkan semua ABK akan diatar ditengah laut yang sudah ditentukan.

“Sebelum diantar ke titik temu yang ada di tengah laut, ada acaranya lebih dulu karena Menteri Luar Negeri asal Vietnam juga datang ke Natuna,” ungkap Kepala Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Antang Muchammad Erwin, kepada wartawan, Minggu (11/9).

Erwin, menjelaskan, pemulangan tersebut merupakan hasil keputusan pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan kedutaan besar negara Vietnam beserta Kementerian Puar Negeri Vietnam beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan kerjasama dengan kedutaan besar Negara Vietnam, jadi yang kita pulangkan itu hanya warga negara Vietnam saja, tidak ada warga negara lainnya,” ungkapnya seperti diberitakan batampos (Jawa Pos Group) hari ini (11/9).

Bukan hanya warga negara Vietnam yang di Anambas saja yang dipulangkan tapi yang ditahan di Batam juga dipulangkan melalui Natuna. ABK Vietnam dari batam diangkut dengan kapal Orca 1 yang berangkat bersamaan pada Senin (12/9) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Dua kapal dari Anambas dan satu Kapal dari Batam sama-sama tiba di Natuna pada hari Selasa (13/9),” ungkapnya lagi.

Disinggung kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, yang dikabarkan akan ke Anambas, Erwin mengatakan Susi tidak akan datang ke Anambas. Susi hanya datang ke Natuna menghadiri acara pemulangan ABK asing itu.

“Bu Susi tidak jadi ke Anambas, beliau hanya ke Natuna saja untuk menghadiri pelepasan pemulangan ABK Vietnam. Setelah itu kembali lagi ke Jakarta,” pungkasnya. (sya)

Share :

Baca Juga

Anambas

Kapal Ikan Berbendera Vietnam Tenggelam di Laut Natuna

Anambas

Wabup Natuna Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H

Anambas

Pemkab Natuna Kembali Raih WTP dari BPK, Bupati Apresiasi Kinerja OPD

Anambas

Pemerintah Pusat Terkesan Lambat Merespon Penolakan Masyarakat Jemaja

Anambas

Bupati Anambas Bertindak Sebagai Pembina Upacara Haornas 2019

Anambas

Menhan Prabowo ke Natuna,WNI yang sedang diobservasi gembira

Anambas

Curi Ikan Diperairan Natuna,Empat Kapal Digiring ke PSDKP Batam

Anambas

KPPAD Kepri: Yang Penting Kasus Asusila Oknum Dewan Natuna Tetap Berjalan