banner 200x200

Home / Bengkalis

Minggu, 31 Maret 2024 - 20:08 WIB

Pemuda Desa Senggoro Ikuti Festival lampu Colok Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS, liputankepri.comHiasan Lampu colok merupakan tradisi turun-temurun masyarakat kabupaten Bengkalis, tradisi ini dilaksanakan pada malam 27 Ramadhan atau lebih sering disebut oleh masyarakat malam 7 likur.

Masyarakat kabupaten Bengkalis menilai bahwa lampu colok memiliki nilai yang agamis, kebersaman, dan semangat gotong royong. seperti yang dilakukan oleh pemuda RW 3 dusun 2 desa Senggoro.

“Seperti tahun sebelumnya, Pemuda RW 3 dusun 2 desa Senggoro kembali akan mengikuti festival lampu colok yang diselanggarakan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, kegiatan tahunan ini memang ditunggu-tunggu oleh masyarakat disetiap desa,” ungkap Fuji Sudarma koordinator kepada wartawan. , Sabtu (30/3/2024).

Ia juga mengatakan, perlombaan lampu colok seperti yang kita lihat bersama sebelum ramadhan mereka berlomba-lomba melakukan gotong royong mengambil kayu untuk persiapan membuat lampu colok. Dimana nantinya langsung akan dibuka oleh Bupati Bengkalis Kasmarni dan Dinas

Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis.

Untuk mengikuti festival lampu colok tahun 2024 ini. Dikatakannya, pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 3500 pelita yang nantinya akan dipasang pada malam 7 likur.

“Kita sudah menyiapkan lebih kurang 3500 pelita /lampu colok, kreteria penilian oleh pihak panitia untuk mengikuti pertandingan jumlah lampu minimal 2500 buah, kemudian lampu juga harus bernuangsa islam, lampunya harus indah, kerapian menara, bentuk- bentuk benda alam seperti bulan/bintang, dan kekompakan antar pengurus.

“Kekompakan antar pemudalah yang membuat kami tidak pernah meninggalkan tradisi ini, kami sangat mendukung festival lampu colok ini.

Share :

Baca Juga

Bengkalis

Camat Bengkalis Lantik Penjabat Kepala Desa Penampi

Bengkalis

Elemen Masyarakat Serahkan Surat Terbuka kepada Badan Kehormatan DPRD Bengkalis

Bengkalis

Tidak Terima Dituduh Mencuri, Seorang Pemilik Kios Laporkan Hajah

Bengkalis

STAIN Bengkalis Ikuti Kompetisi Nasional Legal Drafting di Jakarta

Bengkalis

Kukuh dan Serahkan SK Ketua RW dan RT, ini Pesan Lurah Rimbasekampung

Bengkalis

Polres Bengkalis, Bersama Bupati Kasmarni Terima Penghargaan Dukungan dan Kerjasama Kamtibmas

Bengkalis

Warga Kelurahan Rimbasekampung Gotong Royong Bersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Kota Layu

Bengkalis

Polres Bengkalis Gelar Rapat Sosialisasi Tata Cara Penerbitan Surat Pemberitahuan Kampanye Pemilu