Terima Laporan Kapal Tenggelam, Tim Satgas Intel Koarmada I dan Posal Selatpanjang Berhasil Selamatkan Semua ABK 

MERANTI,- Bersama Tim Satgas Intel Koarmada I, TNI Angkatan Laut Lanal Dumai dalam hal ini Posal Selatpanjang berhasil mengevakuasi sebanyak 9 Anak Buah Kapal (ABK) dari KM DBS O3. GT 376 no 1844/GGe. Sabtu, (22/10/2022) malam

” Benar Tim dari Satgas Intel Koarmada I bersama Posal Selatpanjang berhasil menemukan dan melakukan Evakuasi korban dari Kapal Tenggelam di Perairan Selat Melaka,” kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal Dumai) Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena ,M.Tr.Hanla melalui Danposal Selatpanjang Letda Laut KH Justine kepada Wartawan. Ahad, (23/10/2022) pagi.

Disampaikan Justine kalau pihaknya mendapatkan laporan tersebut dari pukul 21:30 WIB, yang mana Laporan itu kami terima dari Bapak bernama Nano orang tua dari salah satu ABK Kapal KM DBS 03 Type General Cargo yang berlayar dari Batam (Kabil) menuju Bengkalis Yang bermuatan 680 Ton Semen.

“Pada Pukul 21.00 WIB, Kapal Mengalami Cuaca Buruk dan air Mulai masuk ke kamar mesin Melalui Mens hole Yang mengakibatkan Black out dan mati mesin pendorong,” ujarnya.

Selanjutnya, sekitar pukul 22.30 WIB setelah menerima laporan itu Anggota Posal Selatpanjang bersama dan dibantu oleh Tim tim Satgas Intel Koarmada 1 bergerak ke lokasi kapal yang tenggelam.

“Sekitar pukul 01:30 WIB dinihari, 9 ABK dari Kapal berhasil ditemukan dalam keadaan selamat dan di evakuasi menggunakan Kapal Patroli Tim Satgas. Sekitar pukul 02:30 WIB, anggota Posal bersama Tim tiba di Kantor Posal Selatpanjang bersama 9 ABK lainya,” ujarnya.

Ditambahkan Justine setelah tiba di Posal, 9 ABK Kapal dilakukan pengecekan dan Pendataan. Kegiatan ini juga dibantu oleh Basarnas, Polairud dengan menggunakan Kapal Basarnas.

“Kejadiannya beranda di Posisi 1°15 – 460`N – 102 °39.919`E sekitar 10 NM dari Tanjung Sekodi dan 7 NM dari Tanjung Rangsang. Saat ini semua ABK masih berada di Posal Selatpanjang,” terangnya.

Adapun 9 ABK dan Nahkoda yakni,

1. S.Abubakar Nahkoda ( selamat )

2. Indra Firdaus ( selamat )

3. Amirudin ( selamat )

4. Edison ( selamat )

5. Mahmud ( selamat )

6. Nofrizal ( selamat )

7. Hardi Unsang ( Selamat )

8. Nanang Juniyanto ( Selamat )

9. Sudirman ( Selamat).(rls/an)

%d blogger menyukai ini: