banner 200x200

Home / Batam / Featured

Jumat, 30 Desember 2016 - 19:44 WIB

BNN Kepri: Narkoba Masuk Dari Malaysia Melalui Jalur Laut

Liputankepri.com,Batam -Sepanjang Januari-September 2016, lanjutnya, BNN Kepri berhasil menyita dan menggagalkan sebanyak 25 ribu butir ekstasi serta 14,33 kilogram sabu yang hampir semua dari Malaysia. Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri mencatat 90 persen sabu dan ekstasi yang masuk ke wilayah Kepri berasal dari Malaysia.

“Sekitar 90 persen Nnarkoba masuk melalui jalur laut dari Malaysia ke Kepri,” kata Kabid Berantas BNN Kepri, AKBP Bubung Pramiadi di Batam, Jumat.

Hal tersebut, kata dia, terjadi karena jarak antara Kepri dengan Malaysia sangat dekat dan bisa ditempuh dengan penggunakan kapal kecil dengan waktu singkat.

Baca Juga :  Akhir Jabatan, Walikota Batam Prioritaskan Infrastruktur Bengkong

“Banyaknya pelabuhan tidak resmi membuat sabu atau ekstasi asal Malaysia mudah masuk ke Kepri dari jalur laut,” katanya.

Dari Kepri, kata dia, biasanya sabu atau ekstasi tersebut akan dikirimkan menuju sejumlah wilayah baik di Sumatera, Pulau Jawa, Bali, hingga ke Makassar di Sulawesi.

“Jadi Kepri hanya tempat transit saja sebelum dikirim menuju daerah lain di Indonesia,” kata Bubung.

Sepanjang Januari-September 2016, lanjutnya, BNN Kepri berhasil menyita dan menggagalkan sebanyak 25 ribu butir ekstasi serta 14,33 kilogram sabu yang hampir semua dari Malaysia.

Selan itu juga ada sekitar 22 kilogram ganja asal aceh yang diselundupkan melalui pelabuhan Domestik Sekupang Batam yang berhasil digagalkan.

Baca Juga :  Pemkab Karimun dan Lingga Terima Hibah Bawang Merah dan Tempat Tidur Rumah Sakit

“Untuk mencegah penyelundupan terus terjadi perlu peranan semua pihak dan semua lapisan masyarakat. Kalau semua terlibat, maka upaya penyelundupan akan mudah terdeteksi,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, BNN Kepri juga sudah banyak membentuk satgas-satgas dari berbagai unsur masyarakat yang bertugas mengedukasi tentang bahaya narkoba termasuk melaporkan jika ada upaya-upaya penyelundupan.

“Kami juga bekerjasama dengan banyak pihak lain karena upaya perang terhadap narkoba menjadi tanggungjawab bersama,” kata Bubung. (Ant/lk)

Share :

Baca Juga

Featured

Terkait Hebohnya Postingan Oknum PNS Meranti Disebut Pelakor, Ini Tanggapan BKD

Featured

Satu Penumpang WN Australia Jatuh dari Kapal Pesiar Sun Princess di Perairan Kijang

Featured

Telkomsel Luncurkan Aplikasi Mobile Banking

Ekonomi

Joko T Sembodo : Dunia Perbankan di Karimun Mulai Lesu

Batam

Batamindo Mesti Bertindak Tegas terkait pembungan puing bangunan

Featured

Jajaran Polres Karimun Laksanakan Himbauan Larangan Membakar Hutan

Featured

Gandeng Unri, Polda Riau Dorong Percepatan Herd Immunity Kampus.

Batam

Bea Cukai Batam Berhasil Kumpulkan Penerimaan Negara Sebesar Rp4,27 Triliun di Tahun 2021
%d blogger menyukai ini: