class="post-template-default single single-post postid-2934 single-format-standard wp-custom-logo elementor-default elementor-kit-37444">

banner 200x200

Home / Featured / Gaya Hidup

Kamis, 24 November 2016 - 18:55 WIB

Deteksi Kelainan Tuna Rungu pada Bayi Sejak Lahir

Liputankepri.com- MOMS, hati-hati ketika bayi Anda sering tidak respon dengan suara dari bunyi-bunyian di sekitarnya. Kemungkinan besar si kecil mengalami gangguan pendengaran yang harus segera diatasi.

Spesialis Kedokteran Rehabilitasi Medik dr ME Dana SpKFR mengatakan, anak lahir prematur atau memiliki kelainan bawaan sejak lahir harus dideteksi masalah disabilitas. Misalnya pada pendengaran bayi yang sudah dicek sejak lahir dari respon dan kepekaannya.

“Kalau deteksi gangguan pendengaran paling gampang tes dengan mainan bunyi-bunyian. Dari baru lahir sudah bisa, kalau mendengar suara keras dia kaget atau respon. Tapi kalau memang ada gangguan biasanya bayi diam saja tidak merespon,” papar dr Dana saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/11/2016).

dr Dana menambahkan, jika bayi tidak respon dengan bunyi-bunyian sekitarnya, maka segera deteksi dan konsultasi dengan dokter. Lebih cepat terdeteksi, bayi lebih cepat mendapat pertolongan untuk melatih pendengaran.

“Biasanya kalau sudah ketahuan tuli, kita kasih alat bantu dengar. Tapi ini tergantung seberapa besar tingkat gangguan pendengarannya,” tambahnya.

Begitu juga dengan kemampuan bicaranya pada orang tuna rungu. Semakin tinggi tingkat gangguan pendengarannya, mereka akan mengalami kesulitan bicara.

“Kalau tuna rungu yang menjadi tuna wicara itu masih bisa dilatih agar tidak terlambat bicara,” tutupnya.

(hel)

Share :

Baca Juga

Featured

Gubernur Ansar Motivasi Masyarakat Untuk Tidak Putus Asa

Featured

Jumpa Inggris di Semifinal, Kroasia: Tak Ada Tim Favorit

Featured

KM.Mustika Bermuatan Sembako Tenggelam di Perairan Kuala Merbau

Batam

Di Curigai Sebagai Teroris,Warga Puri Agung Batam di Tolak Imigrasi Singapura
Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2017 dalam rapat paripurna yang diselenggarakan di ruang rapat utama kantor DPRD di Dompak, Tanjungpinang,Kamis (12/4/2018).

Featured

Jumaga Nadeak: Kita Akan Bentuk Pansus Terkait LKPJ 2017 Pemprov Kepri

Featured

Ngaku Dekat Dengan Petinggi Polda,Akhirnya Perpat Pesisir Kundur Laporkan Pemilik kayu ke Polsek Kundur Barat/Utara

Featured

Safari Ramadhan,Bupati Karimun Kunjungi Pulau Jang Moro

Batam

Kawasan Ekonomi Ekslusif Investasi Jangka Panjang