banner 200x200

Home / Karimun

Rabu, 17 April 2024 - 20:34 WIB

Gubernur Kepri Resmi Membuka MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024

Karimun – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, SE., M.M. didampingi Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos., M.Si., Membuka secara resmi MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024, bertempat di Astaka Utama MTQ XVI Kabupaten Karimun, Coastal Area. Selasa (17/04/2024).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Ansar didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Karimun serta tamu undangan lainnya, setelah sebelumnya diawali dengan khotmil Quran.

Dengan mengusung tema ” Dengan MTQ Ke-XVI Kabupaten Karimun Tahun 2024,Kita Wujudkan SDM yang Qur’ani Dalam Kehidupan Masyarakat Karimun Yang BERSIH(Beriman, Sehat,Indah, Harmoni) dan Madani”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Karimun, Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun,Tim Percepatan Pembangunan Kepulauan Riau,kepala OPD Kepulauan Riau, Forkompinda Kabupaten Karimun, Pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Karimun serta kepala OPD Kabupaten Karimun.

MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024 berlangsung selama 5 hari,yaitu mulai tanggal 16 sampai dengan 21 April 2024.

Acara ini diselenggarakan 257 peserta dan diikuti 14 Kecamatan Se-kabupaten Karimun.

Untuk cabang yang diperlombakan diantaranya Tartil Qur’an, Tilawah Qur’an,Fahmil Qur’an,Shahril Qur’an serta Tahfiz Qur’an.

Rinciannya cabang Tilawah Al-Qur’an 112 peserta (14 putra dan 14 putri),Syahril Qur’an 42 peserta (14 Regu),Fahmil Qur’an 36 peserta (12 regu).

Kemudian,cabang Tahfiz Qur’an 67 peserta putra – putri, terdiri dari 1 juz Tilawah 23 orang,5 juz Tilawah 18 orang.

Selain itu,10 juz Tilawah 14 orang,20 juz Tilawah 8 orang dan 30 juz Tilawah 4 orang.

Perlombaan setiap cabang dilaksanakan di enam lokasi berada. Untuk cabang Tilawah remaja dan Dewasa di Astaka Utama Coastal Area.

Tartil dan Tilawah anak -anak di Masjid Baiturrahman, Tahfiz 10-30 juz di Masjid Baitul Karim, Tahfiz 1-5 juz di Darul Jannah, Syahril Qur’an di Gedung Nasional dan Fahmil Qur’an di Balai Haji Tebing.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun mengatakan pelaksanaan MTQ Harus jadi momentum strategis dalam pembangunan,serta bukan hanya ajang seremonial belaka.

” Untuk mendorong semangat masyarakat mensyiarkan Al-Qur’an,mengkaji Dan internalisasi dalam kehidupan sehari-hari untuk pemicu semangat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT.” harapnya.

Bupati Karimun juga menghimbau kepada masyarakat kabupaten Karimun dapat mengikuti rangkaian pelaksanaan MTQ sampai selesai penyelenggaraannya.

“Masyarakat dapat berperan aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke XVI Kabupaten Karimun,” pintanya.**

 

Reporter: Diskominfo 

Editor: Ura 

Share :

Baca Juga

Featured

Inilah Sang Juara Kejurda Seri II Motocross dan Grasstrack Piala Bupati Karimun

Featured

Diagnosa Stroke,Dinsos Karimun Tidak Punya Tempat Buat Orang Terlantar

Karimun

Jasad “Suhu” Ditemukan Terbujur Kaku dan Membusuk di Rumah Kontrakannya

Karimun

Polres Karimun Musnahkan 685 Gram Sabu

Karimun

Kapolres Pimpin Sertijab Lima Perwira Polres Karimun Yang Berganti

Featured

Sambut HUT RI ke 71,Napi Rutan Karimun Pecahkan Rekor MURI

Batam

Dua Pekerja Galangan Kapal Tewas Dalam Tangki Tongkang

Karimun

Menuju Predikat WBBM, Bea Cukai Kepri Gelar Apel Rutin