banner 200x200

Home / Berita / Meranti

Selasa, 3 Mei 2022 - 18:30 WIB

Hafiz 30 Juz Alquran di Meranti Bercita-cita Jadi Anggota TNI

 

MERANTI– Febri Andani, hafiz 30 Juz Alquran asal Kepulauan Meranti, Riau, bercita-cita menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Saat ini dia tercatat sebagai Santri kelas 2 Pesantren Darul Fikri Boarding School.

Febri Andani beralamat di Jalan Pemuda Setia Desa Banglas, Kecamatan Tebingtinggi, Kepulauan Meranti. Dia merupakan anak dari pasangan Ramadan – Zaidar.

Febri menjadi santri kedua yang telah menyelesaikan setoran hafalan 30 Juz Alquran. Dalam menyelesaikan hafalan, Febri membutuhkan waktu selama 1 tahun 1 bulan 5 hari.

Cerita ingin bergabung ke TNI, disampaikan Febri saat bersilaturrahmi ke kediaman Hery Saputra SH, mantan Calon Bupati Kepulauan Meranti pada Pilkada 2020 silam. Di momen lebaran Idulfitri 1443 H, Febri bercerita banyak dengan Hery Saputra.

Kunjungan Febri dan teman-teman sangat tidak disangka-sangka. Siang itu, Hery sedang duduk di rumah, tiba-tiba dia mendengar ada suara memberi salam, sambil memanggil namanya (Assalamualaikum Pak Ery Gading, red).

Setelah menjawab dan melihat di luar, Hery mempersilahkan pemuda-pemuda tanggung tersebut masuk ke rumah. Ketika bersalaman, pemuda ini pun memperkenalkan nama. Salah seorang mengaku bernama Febri Andani.

Melihat ada yang spesial dari tamunya siang itu, Hery pun langsung melontarkan pertanyaan. Febri yang mengenakan pakaian serba hitam dan berpeci terlihat sangat tenang dengan raut wajah serta senyum menyejukkan.

“Dari mane nak,” tanya Hery dengan logat Melayu kepada Febri dan kawan-kawan. “Banglas pak,” jawab Febri.

Kemudian, Hery juga menanyakan asal sekolah anak-anak ini. Dijawab Febri, dia saat ini menuntut ilmu di Ponpes Darul Fikri.

Mendengar pengakuan Febri, Hery kembali melemparkan pertanyaan lain. Kala itu, Hery menanyakan perihal hapalan Alquran. “Berapa juz hapalan Alqurannya nak,” tanya Hery lagi. “30 pak,” jawab Febri singkat.

“Juz 30 atau 30 juz, nak,” tanya Hery memastikan. “Alhamdulillah, 30 juz pak,” jawab Febri.

Mendengar jawaban Febri, seketika mantan Kabag Humas Pemkab Meranti ini langsung memelukknya. Hery terharu, sebab Febri bisa menggunakan umur yang sangat belia ini untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif.

Dalam bual-bualnya dengan Hery, Febri mengaku bercita cita ingin menjadi anggota TNI. Kata Febri dia bertekad untuk menjadi bagian dari unsur yang dibutuhan NKRI dalam menjaga kedaulatan negara. Tak tanggung-tanggung, Febri ingin menjadi anggota yang berkeahlian khusus seperti Kopassus dan Kopaskha.

Mendengar pengakuan Febri, lelaki yang akrab dipanggil Ery Gading ini pun berpesan agar Febri senantiasa menjaga kesehatan. Febri diingatkan agar tidak terjebak ke dalam pergaulan yang bisa merugikan diri sendiri, orang tua maupun orang banyak.

“Jaga kesehatan baik-baik, jaga diri dari pergaulan yang tidak tidak baik, terus tingkatkan bacaan Alqurannya dan tentunya jaga fisik untuk bisa menjadi TNI sesuai ananda cita-citakan. Insya Allah, niatnya akan dipermudah,” cakap Hery.

Di akhir cakapnya, Febri berpesan kepada Hery agar kalau ada anak-anak mau masuk ponpes, untuk diarahkan ke Darul Fikri saja. Tak lama setelah itu, Febri dan kawan-kawannya pun pamit untuk pulang ke rumah masing-masing.

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi saya, mendapat kunjungan dari santri langka ini. Kunjungan ananda Febri bersama temannya, same sekali tidak disangka. Kami sempat minta foto bersama untuk mendapat berkah dari penjaga Kitabullah ini,” kata Hery kepada awak media.

Hery berharap, apa yang ditorehkan Febri ini agar bisa menjadi penyemangat anak-anak lainnya. Hery mendoakan kedepannya di daerah berjuluk Kota Sagu ini akan muncul Febri Febri yang lainnya.(Rls)

Share :

Baca Juga

Berita

Bangun Komunikasi dan Rajut Kedekatan, Polsek Rangsang Ngopi Bareng Masyarakat Tionghoa

Meranti

Exsebisi Perdana di Danau Maini Darul aman

Ekonomi

Sekda Meranti Buka Bazar Ramadhan 1439 H

Berita

Warga Pangke Barat dan RSBT Akhirnya Berdamai

Berita

Tangani Stunting dan Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, Mobil Sehat PT Timah Tbk Hadir di Kelurahan Sawang

Berita

BPK Temukan Ratusan Juta Anggaran Pemborosan Belanja Tenaga Ahli Bupati Meranti

Meranti

Padang Arafah Diguyur Hujan Deras dan Angin Kencang, Jemaah Haji Meranti Aman

Meranti

Petani Di Desa Lukun Keluhkan, Pembangunan Dam Parit dari DPPDKP Meranti Tidak Bermanfaat & Pecah-pecah