Liputankepri.com,Batam – Menghadapi arus mudik dan balik Idul Fitri 1437, segala persiapan terus dilakukan di berbagai terminal. Provinsi Kepri, kesiapan itu dilakukan jauh-jauh hari dengan melibatkan lintas instansi.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Muramis mengatakan, pada prinsipnya pemerintah telah siap. Segala macam kendala teknis yang bakal terjadi sudah dibicarakan dan diantisipasi.

“Pemerintah siap, ini komitmen kita, layanan tahun ini lebih baik,”ujar Muramis usai melakukan rapat koordinasi persiapan arus mudik-balik, di Hotel PIH, Kamis, (16/6).

Baca Juga :  Bulan Penuh Berkah, Paguyuban Pujakesuma Kota Batam Berbagi Takjil

Dalam rapat itu, turut hadir Plt. Kepala Bandar Udara hang Nadim Suwarwo, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Kepri AKBP Windiyanto Pratomo, Kepala Dishub Batam Zulhendri, GM. Asuransi Jasa Raharja dan para pengusaha angkutan, baik darat, laut maupun udara.

Untuk pelayanan arus mudik – balik, kendaraan darat dilakukan pada H-7 hingga H+7, sementara laut dan udara dilakukan pada H-12 hingga H+10. Semua terminal akan disiapkan posko-posko pengamanan, kesehatan dan lainya.“Nanti ada tim medis lengkap dengan ambulan,”ujarnya.

Baca Juga :  Tempat Makan Hanya Boleh Layani Take Away

Untuk di Batam sendiri, lokasi arus mudik berada di Pelabuhan Domestik Sekupang, Punggur, Pelabuhan Beton (Pelni), Bandara Hang Nadim dan Pelabuhan Roro. Begitu juga didaerah lainya, seperti di Tanjungpinang, Karimun akan berdiri posko dengan lengkap layanannya.

“Tadi juga dibahas mengenai parkir,  seperti dipelabuhan Punggur itu kan padat. Kalau di Sekupang, nanti daerah (Pemko Batam) besok akan membicarakannya, itu wewenang dia,” ujarnya.(MC. Batam/Taslimahudin/Eyv)