class="post-template-default single single-post postid-1751 single-format-standard wp-custom-logo elementor-default elementor-kit-37444">

banner 200x200

Home / Ekonomi / Featured

Jumat, 23 September 2016 - 20:25 WIB

Menteri Perdagangan Impor 60 Ribu Sapi Indukan Akhir Tahun Ini

“Saat ini sejumlah importir telah mengajukan impor sapi bakalan. Sedangkan yang telah disetujui oleh Kemendag sebesar 300 ribu ekor.‎ Dengan demikian, diperkirakan sapi indukan yang akan masuk sebesar 60 ribu ekor.

 

Liputankepri.com,Jakarta – ‎Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan akan ada 60 ribu ekor sapi indukan yang masuk ke Indonesia mulai akhir tahun ini. Hal ini menyusul revisi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pemasukan Ternak Ruminansia Besar ke Dalam Wilayah Republik Indonesia.

Dengan revisi ini, Kementan akan mewajibkan pelaku usaha penggemukan sapi (feedloter) untuk mengimpor sapi indukan.‎ Komposisinya, jika pelaku usaha atau importir mendapatkan kuota impor sapi bakalan 5 ekor, maka wajib juga mengimpor 1 sapi indukan.

“Jadi 1:5. Kuotanya untuk pendekatan indukan breeding no limit. Berapa pun karena kita butuh stok kita. Jadi kita indukannya berapa silakan‎,” ujar dia di Cikarang, Jawa Barat,seperti yang dilansir laman liputan6 Jumat (23/9/2016).

Enggar mengungkapkan, saat ini sejumlah importir telah mengajukan impor sapi bakalan. Sedangkan yang telah disetujui oleh Kemendag sebesar 300 ribu ekor.‎ Dengan demikian, diperkirakan sapi indukan yang akan masuk sebesar 60 ribu ekor.

“Lagi bertahap mengajukan proposal. Sudah di-approve, bakalan lebih dari 300 ribu. Jadi dibagi lima (untuk indukan),” kata dia.

Enggar mengatakan sapi-sapi tersebut akan masuk secara bertahap dan kemungkinan sapi-sapi mulai masuk pada akhir tahun ini. Adanya sapi indukan ini diharapkan dapat meningkatkan populasi sapi di dalam negeri dan mengurangi ketergantungan impor secara perlahan.

“Bertahap, tidak mungkin sekaligus. Mereka juga shock kalau sekaligus. Mulai tahun sekarang, mereka sudah mulai mempersiapkan diri untuk akhir tahun ini masuk,” tandas dia. (Dny/Gdn)

Share :

Baca Juga

Featured

66 Orang Anak Yatim Piatu Meranti Terima Bantuan PT Timah Tbk

Batam

FKPPI Kepri Halal Bilhalal di Kediaman Wagub Kepri

Featured

Sekda Karimun Arif Fadillah Ikut Seleksi Sekdaprov Kepri

Batam

Kepri Rawan Penyelundupan Narkoba

Batam

Tim Gabungan WFQR Tangkap Tiga Kapal Bermuatan Ilegal di Perairan Batam

Batam

Ini Alasan Para Pengusaha Batam Ramai-ramai Tolak KEK

Featured

How To Write An Outline In Apa 6th Edition Format

Batam

Gustian Riau Sebut Tak Ada Judi di Arena Gelper di Batam