banner 200x200

Home / Ekonomi / Featured

Jumat, 23 September 2016 - 20:25 WIB

Menteri Perdagangan Impor 60 Ribu Sapi Indukan Akhir Tahun Ini

“Saat ini sejumlah importir telah mengajukan impor sapi bakalan. Sedangkan yang telah disetujui oleh Kemendag sebesar 300 ribu ekor.‎ Dengan demikian, diperkirakan sapi indukan yang akan masuk sebesar 60 ribu ekor.

 

Liputankepri.com,Jakarta – ‎Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan akan ada 60 ribu ekor sapi indukan yang masuk ke Indonesia mulai akhir tahun ini. Hal ini menyusul revisi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pemasukan Ternak Ruminansia Besar ke Dalam Wilayah Republik Indonesia.

Dengan revisi ini, Kementan akan mewajibkan pelaku usaha penggemukan sapi (feedloter) untuk mengimpor sapi indukan.‎ Komposisinya, jika pelaku usaha atau importir mendapatkan kuota impor sapi bakalan 5 ekor, maka wajib juga mengimpor 1 sapi indukan.

“Jadi 1:5. Kuotanya untuk pendekatan indukan breeding no limit. Berapa pun karena kita butuh stok kita. Jadi kita indukannya berapa silakan‎,” ujar dia di Cikarang, Jawa Barat,seperti yang dilansir laman liputan6 Jumat (23/9/2016).

Baca Juga :  Sudah di kantongi Izin DPR,Perubahan Tarif Listrik Tiga Bulan Sekali

Enggar mengungkapkan, saat ini sejumlah importir telah mengajukan impor sapi bakalan. Sedangkan yang telah disetujui oleh Kemendag sebesar 300 ribu ekor.‎ Dengan demikian, diperkirakan sapi indukan yang akan masuk sebesar 60 ribu ekor.

Baca Juga :  Tim Gabungan WFQR Amankan Perahu Pancung Diduga Angkut TKI

“Lagi bertahap mengajukan proposal. Sudah di-approve, bakalan lebih dari 300 ribu. Jadi dibagi lima (untuk indukan),” kata dia.

Enggar mengatakan sapi-sapi tersebut akan masuk secara bertahap dan kemungkinan sapi-sapi mulai masuk pada akhir tahun ini. Adanya sapi indukan ini diharapkan dapat meningkatkan populasi sapi di dalam negeri dan mengurangi ketergantungan impor secara perlahan.

“Bertahap, tidak mungkin sekaligus. Mereka juga shock kalau sekaligus. Mulai tahun sekarang, mereka sudah mulai mempersiapkan diri untuk akhir tahun ini masuk,” tandas dia. (Dny/Gdn)

Share :

Baca Juga

Featured

Tim WFQR Gagalkan 7 Orang Calon TKI di Perairan Leho Karimun

Berita

Bea Cukai Kepri Dorong Ekspor Produk Perikanan PT Pulaumas Moromulia

Ekonomi

Bank Riau Kepri Buka Layanan membayar pajak kendaraan bermotor secara elektronik melalui aplikasi e-samsat Kepri

Anambas

Kapolres Natuna AKBP Charles Sinaga: Peredaran Sudah Menurun

Featured

Raih Posisi Dua, Rossi Bahagia “Kalahkan” Pembalap Monster Yamaha Tech 3

Featured

Judi Gelper di Tanjungpinang Uji pasal 303 KUHP

Ekonomi

Dibuka Presiden Jokowi, Wabup Meranti Hadiri Temu Karya Nasional Teknologi Tepat Guna 2018

Batam

BNN Kepri Periksa Urine Kru Pesawat dan Kru Kapal
%d blogger menyukai ini: