banner 200x200

Home / Nasional

Kamis, 5 Januari 2017 - 13:28 WIB

Pemerintah Di Desak, Cabut Bebas Visa Bagi Negara Penyalahguna Izin

Liputankepri.com, Jakarta — Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Abdul Kharis Almasyhari meminta agar pemerintah melakukan evaluasi terhadap negara-negara yang memiliki bebas visa kunjungan ke Tanah Air. Evaluasi menyeluruh perlu dilakukan untuk menetapkan negara-negara yang harus dicabut bebas visanya. Sehingga tidak tidak keliru dalam menentukan kebijakan bebas visa. Dengan harapan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) tetap banyak.

“Biar dievaluasi dulu oleh pemerintah. Tentunya kalau bagi negara yang menyalah gunakan bebas visa, bukan untuk wisata, maka perlu dicabut,” pinta Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (5/1).

Dia memberikan kriteria negara-negara yang wajib dicabut bebas visanya. Menurutnya Warga Negara Asing (WNA) yang paling banyak menyalagunakan izin bebas visa, baik sebagai Pekerja Tenaga Asing (TKA) ilegal, pengedar narkoba dan juga kejahatan siber. Selanjutnya, pemerintah juga tidak perlu khawatir kehilangan kunjungan Wisman, karena dicabutnya izin bebas visa. Sebab bagi Abdul Kharis, kunjungan Wisman tidak hanya dipengaruhi oleh menggunakan visa atau bebas visa.

“Tidak perlu khawatir. Menurut saya, Indonesia sudah sangat kaya dengan destinasi wisata yang sangat bagus, dan tidak kalah dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya,” tambahnya.

Sebelumnya, anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, menjelaskan ada beberapa alasan mengapa kebijakan bebas visa itu harus dicabut. Pertama, tujuan bebas visa untuk menaikkan kunjungan wisatawan mancanegara terbukti tidak berhasil. Bahkan data resmi yang dimiliki pihak imigrasi menunjukkan bahwa kunjungan orang asing ke Indonesia tahun 2016 ini terbukti menurun dibandingkan tahun lalu.

“Tercatat bahwa tahun 2015 jumlah kunjungan WNA adalah 8.256.490 orang. sedangkan pada tahun 2016 ini menurun menjadi 8.278.819 orang. Itu artinya ada penurunan,” kata Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

 

Sumber : Republika.co.id

Share :

Baca Juga

Berita

Bawa Sabu 16 Kilogram, Oknum Perwira Polisi Dihadiahi Timah Panas

Featured

Alamak !! Warga Desa Alai Amankan Pria Berkaos Palu Arit

Berita

Gubkepri Sampaikan LKPj TA 2020 dan Dua Ranperda ke DPRD

Kepri

Terbaik Bidang Budaya,Gubernur Terima Adhi Purna Karya Award

Featured

Simpan Sabu 662 Gram Dalam Pembalut,11 Orang Tersangka Diamankan Polisi di Bandara Soeta

Featured

Bupati Karimun Dorong Para Santri Untuk Ambil Peranan Dalam Pembangunan

Berita

Lantik IPRY Kepulauan Meranti, Bupati Ajak Bangun Daerah dengan Pendidikan

Ekonomi

Sambut Puasa Ramadhan 1440 H Bupati Meranti Gelar Syukuran Bersama Masyarakat