banner 200x200

Home / Featured

Jumat, 15 September 2023 - 19:17 WIB

Harga Beras Naik Disperindag Himbau Masyarakat Kurangi Food Loss And Waste

Karimun – Sejumlah Komoditas pangan di Kabupaten Karimun seperti minyak goreng, gula pasir, cabai merah, bawang merah, daging sapi, dan komoditas lainnya mengalami penurunan harga terkecuali beras.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Sinta Yurinda Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan ESDM Kabupaten Karimun (Disperindag) Kabupaten Karimun kepada awak Media ini.

Sinta menuturkan, bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan dan berkoordinasi terkait harga pasar dengan para pedagang di pasar maupun di Supermarket maupun toko-toko.

“Dari pantauan kita, tidak ada harga komoditas pangan yang naik signifikan terpantau cenderung turun terkecuali beras,” terang Sinta, Jumat (15/09) sekitar pukul 16.40 Wib.

Dirinya menjelaskan, beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan harga beras pada sepekan terakhir. Salah satunya, faktor cuaca extrim yang terjadi di Indonesia dan bebagai Dunia.

“Faktor cuaca sangat mempengaruhi produksi beras dari wilayah penghasil seperti Pulau Jawa. Tidak hanya mengalami kenaikan harga, pengurangan impor dari luar Negeri juga ikut berdampak,” jelas Sinta.

Adapun langkah-langkah strategis, Disperindag Kabupaten Karimun untuk meringankan beban masyarakat saat ini ialah dengan mengadakan bazar pangan murah dengan bekerjasama Disperindag Provinsi Kepri dan Kementerian maupun stekholder terkait.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, agar tetap menjaga kebutuhan terutama empat sehat lima sempurna dengan hemat tanpa boros pengeluaran belanja. Dan juga, penting untuk mengurangi Kehilangan dan Pemborosan Makanan (Food loss And Waste) agar dapat menstabilakn harga serta toleransi kepada yang membutuhkan”. Pesannya.**

Penulis : Irwindi

Share :

Baca Juga

Proyek tanggul penahan ombak yang berada di Mukalimus Sawang kecamatan Kundur Barat tidak dilengkapi dengan papan informasi.F.Majid

Featured

Proyek Tanggul Penahan Ombak di Mukalimus Sawang Diduga Proyek Siluman

Featured

Upacara Puncak Peringatan Hari Bhayangkara ke-77, AKBP Andi Yul : Tugas Polri Sukses karena adanya Sinergitas dari Semua Pihak

Featured

BNN Tangkap Bandar Sabu Jaringan Internasional Seberat 10 Kg di Batam

Featured

Plt Bupati Asmar Buka Rapat Penanganan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting

Featured

Maknai Hari Ibu, Polres Karimun Berbagi kebahagiaan dengan Masyarakat

Featured

Kondisi Pertumbuhan Perekonomian di Kepri Merosot

Featured

Diduga Gelapkan BB, Oknum Jaksa Di Meranti Dilapor Ke Kejagung, Ini Kata Kasi Intel

Batam

BPOM Kepri Musnahkan Ribuan Produk Ilegal