banner 200x200

Home / Featured / Karimun

Jumat, 21 Oktober 2016 - 18:57 WIB

BUP Pasang Auto Gate di Pelabuhan Tanjung Makom Selat Beliah

”Pemasangan gate otomatis ini sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) BUP Karimun pada tahun 2016. Artinya, kita ingin meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dikelola oleh BUP Karimun,”

 

Liputankepri.com –Badan Usaha Pelabuhan (BUP) milik Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, memberlakukan sistem parkir otomatis di Pelabuhan Antarpulau Tanjung Makom Selat Beliah  Tanjung Balai Karimun.

Direktur Utama Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun Indrawan Susanto mengatakan pihaknya sudah mulai pemasangan barrier gate atau gate otomatis di Pelabuhan Tanjung Makom Selat Beliah pulau Kundur. Setelah pada bulan September lalu hal yang sama di Pelabuhan Sri Tanjung Kelam Tanjungbalai Karimun.

”Pemasangan gate otomatis ini sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) BUP Karimun pada tahun 2016. Artinya, kita ingin meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dikelola oleh BUP Karimun,” jelasnya.

Kenapa dipasang gate otomatis di dua pelabuhan tersebut, kata Indra lagi, tujuannya tidak lain untuk meningkatkan pendapatan pelabuhan dari pas perpakiran selain pas pelabuhan. Mengingat, saat ini pas parkir secara manual hanya bisa memberikan kontribusi ke perusahaan kisaran Rp 1,2 juta dengan jumlah kendaraan motor 200 dan mobil 40 kendaraan.

Baca Juga :  Korupsi Alkes RSUD senilai Rp 19,6 miliar,Modusnya Terdakwa Saling Berkomunikasi

” Nah, ketika sudah diberlakukan gate otomatis di pelabuhan Tanjung Makom, secara otomatis pendapatan dari pas parkirakan naik dan kenyamanan maupun ketertiban lebih bagus lagi. Akan kita operasikan pada awal November mendatang,” ungkapnya.

Seperti yang sudah diberlakukan di Pelabuhan Sri Tanjung Kelam, saat ini pendapatan pas pelabuhan naik 200 persen dari sebelumnya. Dengan harga pas pelabuhan hingga saat ini belum terjadi kenaikan yaitu untuk kendaraan roda dua Rp1000 dan roda empat Rp 2.500 sekali masuk sama dengan di Pelabuhan Tanjung Makom.

Baca Juga :  Diduga Edarkan Pil Ekstasi,Satresnarkoba Polres Tanjung Pinang Bekuk Tiga Oknum Polisi

Sementara sistem gate otomatis, sama seperti dipelabuhan Sri Tanjung Kelam yaitu pengendaraan tinggal menekan tombol ketika masuk. Kemudian, saat akan keluar baru melakukan proses pembayaran dengan menunjukan pas parkir. Sehingga, dapat menekan angka kehilangan kendaraan.

”Dan tahun 2017 nanti, kita akan pasang gate otomatis di Pelabuhan Parit Rampak. Sedangkan, untuk perubahan pas parkir seperti di kota-kota besar. Yaitu tarif per jamnya, akan di ajukan dalam rapat RUPS perusahaan pada akhir tahun ini,” ucapnya.(tri)

Share :

Baca Juga

Karimun

Puluhan Tahun Mengabdi,Dua Pegawai Rutan Kelas II B Karimun Purna Bhakti

Featured

8.651 Santri dan Pelajar Karimun Meriahkan Pawai Ta’ruf 1 Muharram 1440 H

Featured

Suwondo: Tidak Ada Sabu 3 Ton di Kapal MV Win Long

Berita

Jalin Kebersamaan, PD IWO Karimun Gelar Syukuran HUT IWO Ke-8

Featured

Walikota Tanjungpinang Dukung Pembentukan Ikatan Wartawan Online

Karimun

Pemuda Pancasila Karimun: Kebocoran Tabung Gas Diduga Karena Sering Dilempar

Featured

Mudik Bareng Gratis 2018 Bersama Pelni

Featured

Momen Pelantikan IMM Kepri, Amsakar Sambut Baik Terselenggaranya Diskusi Kepemiluan Cerdas dan Berkemajuan
%d blogger menyukai ini: