banner 200x200

Home / Batam

Selasa, 29 Agustus 2023 - 20:23 WIB

Rudi Ajak Masyarakat untuk Cerdas Dalam Memilih Tontonan

Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengajak masyarakat untuk cerdas dalam memilih tontonan. Hal itu disampaikan Rudi usai menghadiri Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri di Swissbell Hotel Harbour Bay, Selasa (29/8/2023).

Untuk diketahui, penyensoran film merupakan amanat dari Undang Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman, dimana setiap film yang akan diedarkan dan pertunjukkan wajib mendapatkan Surat Tanda Lulus Sensor dari Lembaga Sensor Film.

“Ini untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif dari apa yang ditonton,” katanya

Menurut dia, perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, berpengaruh besar terhadap peredaran dan pertunjukan film, dimana film saat ini tidak hanya disaksikan melalui layar bioskop dan televisi, namun dapat diakses melalui internet, platform digital dan media sosial.

“Akan sangat mudah masyarakat mengakses tontonan tanpa dibatasi tempat maupun waktu sehingga kecerdasan dalam memilih tontonan harus terus disosialisasikan ke masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  14 Tahun Air Tak Lancar, BU SPAM Terima Audiensi Warga Buana Vista Indah

Ia mengapresiasi adanya sosialisasi tersebut di Batam, sehingga masyarakat dan publik mendapatkan pendidikan dan pengetahuan terhadap film, melalui penguatan fungsi literasi.

“Dengan begitu, masyarakat memiliki kepedulian dan kesadaran untuk menonton film sesuai dengan klasifikasi usia dan peruntukkannya,” katanya.

Untuk menguatkan fungsi literasi masyarakat dalam aspek Perfilman, Lembaga Sensor Film pada tahun 2021 mencanangkan Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri yakni gerakan memilah dan memilih tontonan sesuai dengan klasifikasi usia.

Baca Juga :  Disperindag Batam Amankan 3 Ton Solar Subsidi

“Ini langkah penguatan literasi kepada masyarakat agar lebih bijak dalam memilah dan memilih tontonan,” ujarnya.

Rudi juga mengapresiasi kegiatan tersebut dilaksanakan di Batam. Ia mengatakan, saat ini Kota Batam sedang gencar membangun demi kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, hingga kebangkitan investasi.

“Dengan makin banyak orang datang ke Batam, perputaran ekonomi terus bergerak dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.**

 

Reporter: HMS

Share :

Baca Juga

Batam

Erlangga: Dua Pelaku Perdagangan Orang Diamankan di Exotic Pub

Batam

Ribuan Orang Hadiri Cap Go Meh 2023, Bupati Sebut Momentum Karimun Bangkit dari Pandemi

Batam

Aksi GSI Batal Digelar di Batam

Batam

Semarakkan HUT RI KE-77, Pemko Batam Gelar Lomba Kendaraan Hias

Batam

Pemko Batam dan DPRD Sepakat Bentuk Dua OPD Baru

Batam

Polda Kepri Gelar Patroli Malam Serta Bagikan Bansos PPKM

Batam

Syukuran Hari Bakti ke 51 tahun, Kepala BP Batam: Jayalah Selalu BP Batam

Batam

Gaji Guru Honor Komite Segera di Bayarkan
%d blogger menyukai ini: