banner 200x200

Home / Featured / Karimun

Minggu, 14 Agustus 2016 - 17:32 WIB

Diknas Karimun Seleksi 99 Guru

“Dalam pelaksanaan seleksi ini, lanjut Sudarmadi, pihak Diknas hanya bertindak sebagai penyelenggara saja. Sedangkan, untuk tim seleksinya tidak ikut serta. Karena, sudah menggunakan tim ahli dari lembaga pendidikan dan pemantapan kepala sekolah (LPPKS) dari Jawa tengah. Tim yang akan melakukan pengujian secara lisan dan tertulis. Mulai dari pemeriksaan kelengkapan berkas, tes akademis sampai dengan tes manajemen kepemimpinan.

 

Liputankepri.com,Karimun– Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun bakal melaksanakan rolling atau pergantian sejumlah kepala sekolah tingkat SMP sederajat. Mutasi dilakukan mengingat sejumlah kepala sekolah tingkat SD, dan SMP sederajat mengalami kekosongan disebabkan penjabatnya telah memasuki masa pensiun.

“Rencana kita memang akan melakukan rolling untuk seluruh kepala sekolah SD dan SMP negeri sederajat. Tujuannya tidak lain dalam rangka penyegaran sekaligus pembinaan karir. Selain itu, juga untuk mengisi beberapa SMP yang kepala sekolahnya sudah habis masa jabatan. Untuk kepala SMA kita tidak punya kewenangan lagi, karena sudah menjadi kewenangan Diknas Provinsi Kepri untuk menentukannya,” ujar Kadis Diknas Kabupaten Karimun, MS Sudarmadi, Jumat (12/8).

Menyinggung tentang seleksi calon kepala sekolah yang diadakan oleh Diknas, Sudarmadi menyatakan bahwa seleksi tersebut memang bertujuan untuk mencari salon kepala sekolah yang memiliki kemampuan dan memenihi persyaratan. ”Tidak semua guru bisa mengikuti seleksi ini. Misalnya, berstatus sebagai ASN, minimal sudah berpengalaman mengajar selama 5 tahun dan juga tingkat pendidikan starata satu (S1). Sehingga yang mengikuti seleksi ini hanya 99 orang guru saja,” jelasnya.

Baca Juga :  Dua Kapal Tanker Pelarian dari Malaysia di Tangkap TNI AL

Dalam pelaksanaan seleksi ini, lanjut Sudarmadi, pihak Diknas hanya bertindak sebagai penyelenggara saja. Sedangkan, untuk tim seleksinya tidak ikut serta. Karena, sudah menggunakan tim ahli dari lembaga pendidikan dan pemantapan kepala sekolah (LPPKS) dari Jawa tengah. Tim yang akan melakukan pengujian secara lisan dan tertulis. Mulai dari pemeriksaan kelengkapan berkas, tes akademis sampai dengan tes manajemen kepemimpinan.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Buka Seminar Nasional Bulan Bahasa dan Sastra 2021

“Lulus atau tidak seorang peserta dalam mengikuti seleksi ini sepenuhnya ditentukan oleh kemampuan dari peserta yang dinilai oleh tim LPPKS. Jika dinyatakan lulus, maka peserta berhak untuk mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) selama 3 bulan. Diklat sendiri akan dilaksanakan di karimun dengan sistim satu minggu di dalam Diklat dan dua minggu di sekolah. Setelah selesai mengikuti Diklat, maka peserta akan mendapatkan sertifikat. Dari sertifikat ini nanti akan menjadi dasar untuk ditempatkan sebagai kepala sekolah,” paparnya.

Share :

Baca Juga

Featured

Irwasda Polda Kepri Safari Ramadhan di Polres Karimun

Ekonomi

Harga Minyak Naik karena Meredanya Kekhawatiran Kelebihan Pasokan

Featured

Berdayakan Pulau Kosong, Bisa Atasi Over Kapasitas Di Rutan

Bintan

Pemkab Bintan Ambil Sumpah Pengangkatan 430 PNS

Criminal

Lantamal IV Tanjung Pinang amankan TKI bawa sabu dalam sandal seberat 220 gram

Karimun

Safari Ramadhan, Bupati Karimun Kunjungi Desa Ungar

Featured

Kepala BP Batam Terima Kunjungan Kerja KPK RI

Batam

Pembalak Kayu Ditangkap Ditpam BP Batam di Dam Nongsa
%d blogger menyukai ini: