banner 200x200

Home / Batam

Kamis, 16 Mei 2024 - 01:03 WIB

Pelatihan Latkerpro Resmi Dibuka

Batam – Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau (Kadivmin Kanwil Kumham Kepri), Kaswo membuka secara resmi Pelatihan Teknis Pemasyarakatan Latihan Kerja dan kegiatan Kerja Produksi (Latkerpro) Angkatan II Metode Pembelajaran Klasikal TA 2024 pada Rabu (15/5/24).

Kegiatan diawali dengan laporan penyelenggaraan pelatihan yang disampaikan oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau (Kabadiklat Kumham Kepri), Rinto Gunawan Sitorus dalam laporannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan letkerpro ini akan dilaksanakan selama 10 Hari dimulai dari tanggal 13 Mei dan berakhir ditanggan 22 Mei 2024 serta diikuti sebanyak 40 peserta terdiri ari 8 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Kabadiklat Kumham Kepri juga berhap bahwa dalam pelaksanaan pelatihan latkerpro ini peserta bisa menambah pengetahuan dan ilmu baru untuk diterapakan di Satuan Kerja masing-masing peserta.

“Kami berharap dalam pelaksanaan pelatihan latkerpro ini peserta bisa menambah pengetahuan dan ilmu baru sehingga nantinya setla Kembali ke satuan kerja masing-masing memilki kemampuan dan strategi dalam pelaksanaan Latihan kerja dan kegiatan kerja di Lembaga pemasyarakatan” ungkapnya

Kadivmin Kanwil Kumham Kepri yang membuka pelatihan tersebut memberikan sambutan bahwa saat ini Pemerintah sedang melakukan transformasi kepada lembaga pemasyarakatan dengan dengan meluncurkan program ambisius untuk mengubah paradigma Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dari sekedar tempat penahanan menjadi pusat industri yang produktif. langkah ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam mendukung perekonimian negara serta mempersiapkan mereka untuk reintegrasi ke dalam masyarakat setelah menjalani hukuman.

“salah satu pilar utama dalam program tersebut adalah peningkatan akses wbp terhadap keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri sebagai bentuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan keterampilan baru atau meningkatkan yang sudah dimiliki sehingga dapat lebih siap untuk terlibat dalam kegiatan produksi di dalam Lapas” ujarnya.

Kaswo menambahkan pelatihan latihan kerja dan kegiatan kerja produksi pada Lapas bagi pegawai Lapas sangatlah penting dalam mewujudkan program pemerintah untuk menjadi lapas industri dimana nantinya pegawai lapas inilah yang akan menjadi agen, promotor, dan pelopor dalam menciptakan dan mewujudkan program Lapas industri / produktif ini.

“Pelatihan ini merupakan salah bentuk langkah kita bersama mendukung program menciptakan lapas industri atau lapas produktif tersebut” tambahnya.

Terkahir Kaswo berpesan kepada seluruh peserta bahwa melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatnya keterampilan dan pengetahuan para, serta teknik-teknik baru, proses produksi dan manajemen yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan produksi di satuan kerja saudara dengan efisien dan efektif. selain itu juga diharapkan para peserta mampu membangun strategi kemitraan dengan pihak eksternal serta mengelola kegiatan produksi, mengawasi sampai dengan mempromosikannya.

“Dengan kita mengikuti pelatihan ini, saudara telah menjadi bagian yang memberikan kontribusi dalam pembangunan kapasitas WBP dan menciptkan lingkungan yang kondusif untuk kegiatan produksi serta membantu dan mendukung mewujdukan visi pemerintah menjadi lapas indusri yang produktif dan berkelanjutan” tutupnya***

Editor : Agustian indramajid

Share :

Baca Juga

Batam

Bakamla RI Amankan Dua Kapal Asing Saat Transfer BBM Ilegal

Batam

Majelis Taklim AL Mahdiyah Batam Santuni Satgas kebersihan

Batam

Musyawarah Cabang II Srikandi Pemuda Pancasila Kota Batam

Batam

Badonci Club sanggar Tari Sukses guncang Batam

Batam

Diduga Curi HT Polresta Barelang, Oknum Wartawan Online Diperiksa Polisi

Batam

Korwil Melayu Raya Batam Jenguk Bayi Penderita Jantung Bocor

Batam

Muhammad Rudi Pastikan Pembangunan Wilayah Hinterland Masih Jadi Prioritas

Batam

Walikota Batam Hadiri Acara 1 Muharram di Komplek Taman Jodoh