class="post-template-default single single-post postid-189 single-format-standard wp-custom-logo elementor-default elementor-kit-37444">

banner 200x200

Home / Featured / Nasional

Senin, 23 Mei 2016 - 01:41 WIB

Anggota Dewan Harus Mundur Saat Ikut Pilkada

Liputankepri.com,Jakarta – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) mengungkapkan salah satu poin revisi UU Pilkada adalah aturan terkait status anggota DPR, DPD dan DPRD saat mencalonkan diri dalam Pilkada serentak nanti.

Kewajiban mundur atau cukup cuti menjadi perdebatan krusial terkait pencalonan.

Koordinator Nasional JPRR, Masykurudin Hafidz mengungkapkan pelaksanaan Pilkada sesungguhnya bukan hanya perebutan kekuasaan daerah semata.

“Dalam konteks konsolidasi demokrasi, Pilkada adalah sarana bagi partai politik untuk mendistribusikan kekuasaan kepada semakin banyak pihak dan wahana bagi para kader partai politik untuk belajar mendapatkan simpati publik,” kata Masykurudin melalui pesan singkat, Senin (24/5/2016).

Melalui Pilkada, partai politik dapat menggerakkan roda organisasi dan memperbanyak kader-kader partai untuk terlibat dalam peristiwa-peristiwa politik.

Ia menilai peluang memperkuat partai dengan memberikan kesempatan kepada kader partai untuk mengikuti seleksi kepemimpinan daerah.

“Pengalaman mengikuti seleksi kepala daerah memberikan harapan baru bagi masyarakat dan semakin membuka peluang banyak pihak untuk berkontribusi menjadi pemimpin lokal. Dengan begitu, secara sistemik partai menjadi ladang bagi kader-kader dengan pengalaman seleksi kepemimpinan yang handal,” katanya.

Oleh karena itu, Masyukurudin melihat kewajiban mundurnya anggota dewan bukan hanya dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan kewenangan dan fasilitas negara, menghindari kecaman rakyat bahwa Pilkada hanya menjadi ajang coba-coba.

Tetapi yang jauh lebih penting adalah demi penguatan partai politik itu sendiri.

“Yaitu bagaimana partai politik dapat membagi kesempatan untuk meraih kekuasaan untuk menjadi pejabat publik dengan melibatkan semakin banyak kader. Dengan demikian, penguatan partai politik akan berjalan,” ungkapnya.**

Share :

Baca Juga

Karimun

Bupati Karimun Hadiri Acara Maulid Nabi di Surau Al-Barkah Sungai Lakam Barat

Berita

Pemkab Natuna Gelar Rakor Penanganan Karhutla

Batam

Polisi Amankan Ratusan Kilogram Bawang Putih di Pelabuhan Batu Ampar

Featured

KapolseK Tambang Pantau Pelaksanaan Pencoblosan di Wilayah Hukumnya

Nasional

Satpol PP Pekanbaru Akan Kembali Gelar Razia Pembuang Sampah Sembarangan

Featured

Setelah RSUD Karimun,Kini Jembatan I Dompak Akan Diberi Nama Jembatan HM Sani

Ekonomi

Hari ini, Situs Lowongan CPNS Baru Bisa Dibuka Jam 13.00

Berita

Dikonfirmasi Program BSP, Kadis Sosial Inhil Minta Maaf Atas Arogansi Anak Buahnya