banner 200x200

Home / Featured / Nasional

Senin, 23 Mei 2016 - 01:41 WIB

Anggota Dewan Harus Mundur Saat Ikut Pilkada

Liputankepri.com,Jakarta – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) mengungkapkan salah satu poin revisi UU Pilkada adalah aturan terkait status anggota DPR, DPD dan DPRD saat mencalonkan diri dalam Pilkada serentak nanti.

Kewajiban mundur atau cukup cuti menjadi perdebatan krusial terkait pencalonan.

Koordinator Nasional JPRR, Masykurudin Hafidz mengungkapkan pelaksanaan Pilkada sesungguhnya bukan hanya perebutan kekuasaan daerah semata.

“Dalam konteks konsolidasi demokrasi, Pilkada adalah sarana bagi partai politik untuk mendistribusikan kekuasaan kepada semakin banyak pihak dan wahana bagi para kader partai politik untuk belajar mendapatkan simpati publik,” kata Masykurudin melalui pesan singkat, Senin (24/5/2016).

Melalui Pilkada, partai politik dapat menggerakkan roda organisasi dan memperbanyak kader-kader partai untuk terlibat dalam peristiwa-peristiwa politik.

Baca Juga :  Sudah Mulai Tak Nyaman dengan Keadaan saat Ini, Tinggalkan Saja!

Ia menilai peluang memperkuat partai dengan memberikan kesempatan kepada kader partai untuk mengikuti seleksi kepemimpinan daerah.

“Pengalaman mengikuti seleksi kepala daerah memberikan harapan baru bagi masyarakat dan semakin membuka peluang banyak pihak untuk berkontribusi menjadi pemimpin lokal. Dengan begitu, secara sistemik partai menjadi ladang bagi kader-kader dengan pengalaman seleksi kepemimpinan yang handal,” katanya.

Baca Juga :  DPR Kecewa Dengan Mentan Amran Impor Bawang Merah

Oleh karena itu, Masyukurudin melihat kewajiban mundurnya anggota dewan bukan hanya dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan kewenangan dan fasilitas negara, menghindari kecaman rakyat bahwa Pilkada hanya menjadi ajang coba-coba.

Tetapi yang jauh lebih penting adalah demi penguatan partai politik itu sendiri.

“Yaitu bagaimana partai politik dapat membagi kesempatan untuk meraih kekuasaan untuk menjadi pejabat publik dengan melibatkan semakin banyak kader. Dengan demikian, penguatan partai politik akan berjalan,” ungkapnya.**

Share :

Baca Juga

Featured

Polisi Kawal Pemindahan 24 Tahanan ke Lapas Batam

Berita

Fase New Normal, Karimun Masuk Zona Hijau

Ekonomi

ASN Bolos, Mendagri Beri Sanksi Pemotongan Tunjangan

Nasional

Presiden Joko Widodo Resmikan SPAM Wae Mese II

Featured

Argentina Pastikan Langkah ke Semifinal Usai Bantai Venezuela 4-1

Kepri

Hari Ke-4, Jemaah Calon Haji Meranti Cek Kesehatan Rutin dan Ziarah Makam Baqi

Meranti

Tujuh Rumah Warga Di Selatpanjang Timur Hangus Terbakar

Featured

Arif Fadillah Dipilih Jadi Sekda Pemprov Kepri
%d blogger menyukai ini: