banner 200x200

Home / Featured / Kepri

Minggu, 16 Oktober 2016 - 11:19 WIB

Kentut Bau Busuk Tanda Apa Ya..?

“Bau kentut tidak sedap bukanlah hal yang buruk. Bau tersebut menunjukkan aktivitas makanan yang Anda konsumsi dan bakteri yang sedang bekerja dalam sistem pencernaan Anda. Semua orang memiliki dampak yang berbeda.”

 

Liputankepri.com – Kentut merupakan hal alami yang terjadi pada tubuh. Normalnya, manusia kentut 10-20 kali setiap hari.

Meskipun kerap dianggap sebagai hal yang memalukan atau menjijikan, kentut merupakan pertanda bahwa Anda memiliki sistem pencernaan yang sehat. Namun, tidak semua kentut itu sama dan bau dari gas yang dikeluarkan bisa menggambarkan kondisi kesehatan Anda.

Terkadang, kentut bisa berbunyi ataupun tidak, mengeluarkan bau busuk ataupun tidak berbau. Menurut dokter spesialis pencernaan, Myron Brand, pola makan yang sehat membuat kentut menimbulkan bau tidak sedap. Tapi ia mengingatkan untuk tidak perlu khawatir.

“Bau kentut tidak sedap bukanlah hal yang buruk. Bau tersebut menunjukkan aktivitas makanan yang Anda konsumsi dan bakteri yang sedang bekerja dalam sistem pencernaan Anda. Semua orang memiliki dampak yang berbeda.”

Baca Juga :  Bupati Karimun Kunjungi GM PLN Wilayah Riau Kepri

 

Myron Brand mengatakan bahwa bau kentut yang tidak sedap biasanya disebabkan ketika makanan tidak terproses dengan sempurna, terutama karbohidrat. “Bau tidak sedap menandakan karbohidrat yang dikonsumsi gagal diserap dengan baik, sehingga mengalami fermentasi.”

Untuk mereka yang mengalami bau kentut tidak sedap, Myron Brand menjelaskan: “Beberapa orang adalah menghasilkan gas metana, sedangkan sebagian orang lainnya adalah menghasilkan hidrogen sulfida (gas yang berbau seperti telur busuk), sehingga kentut berbau seperti telur busuk.”

Bagi mereka yang mengalami kentut berbau, Myron Brand pun menganjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung fruktosa, polyol, dan sulfur yang tinggi. Beberapa makanan tersebut adalah apel, pir, semangka, bawang putih, dan bawang bombai. Selain itu, makanan yang terbuat dari gandum dan rye serta produk olahan susu juga sebaiknya dihindari, seperti dilansir laman Daily Mail.

Sedangkan makanan yang sebaiknya dikonsumsi menurut Myron Brand adalah makanan yang tinggi protein (hindari daging tinggi lemak) dan tidak mengandung Fermentable Oligosaccharides, Disaccharides, Monosaccharides and Polyols. Anda bisa mengonsumsi nasi, jagung, ataupun kentang.

Baca Juga :  Polres Karimun Selidiki Raibnya Minyak Mentah Sitaan Kejari Karimun

Soal apakah kentut berbunyi, hal ini tergantung pada keadaan otot sphincter Anda. Jika otot sphincter Anda dalam keadaan rileks maka gas yang keluar dari dalam tubuh tidak akan berbunyi. Kopi, bisa membuat otot sphincter Anda rileks maka ketika mengonsumsi kopi, Anda aka lebih sering kentut karena gas lebih mudah keluar dari dalam tubuh.

Terakhir, jika Anda kentut lebih dari 22 kali sehari (digolongkan sebagai jumlah yang banyak), perhatikan gaya hidup Anda. Bagi sebagian orang, hal ini bisa disebabkan adanya masalah pencernaan, infeksi saluran pencernaan, atau irritable bowel syndrome.**

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Tim WFQR Lanal Tanjungbalai Karimun Gagalkan Upaya Penjarahan Aset Negara Di Laut

Karimun

SLB Sehati Buka PPDB Yang di Lengkapi Dengan Pusat Therapy

Batam

Leo Shendy: Capten MT Mahogani Banda, Andhi Satria ditahan

Batam

Pemprov Kepri Bakal Mengorbankan Sejumlah Proyek OPD Untuk Gaji Ke-13

Batam

Batam awal tahun mati lampu serta jaringan seluler terganggu

Batam

Takjil On The Road, Kolaborasi Paguyuban PC Pujakesuma dan DPC LMB Sekupang

Featured

Operasikan IPA 350 Baru, Komitmen Tuntaskan Persoalan Air

Batam

300 Ribu PNS Bakal di Rasionalisasi.
%d blogger menyukai ini: