banner 200x200

Home / Batam / Ekonomi

Kamis, 10 November 2016 - 17:14 WIB

Batam Kebutuhan Hidup Biaya Tertinggi di Indonesia

“Batam memang tingkat kebutuhan hidup tinggi, dilihat dari besaran UMK. UMK dilihat dari cerminan kehidupan layak hidup (KHL). Jadi beda kota, beda lagi KHLnya,”

 

Liputankepri.com,Batam – Kota Batam termasuk ke dalam enam kota dengan biaya hidup tertinggi di Indonesia selain Jakarta, Jayapura, Ternate, Depok dan Manokwari.

Apalagi upah minimum kota (UMK) Batam memang lebih besar dari kota lain. Pertimbangan UMK juga dilihat dari 60 item kebutuhan wajib para pekerja. Sehingga beda kota, beda juga UMK-nya.

“Memang tinggi, dilihat dari besaran UMK. UMK dilihat dari cerminan kehidupan layak hidup (KHL). Jadi beda kota, beda lagi KHLnya,’ ujar Wakil Walikota Batam Amsakar di kantor Walikota Batam, kemarin.

Sedangkan untuk harga di pasaran ditentukan oleh mekanisme pasar. Semakin tinggi permintaan dan penawaraan, maka harga akan semakin tinggi.

Baca Juga :  Terdakwa Penyelundupan Narkotika Divonis 13 Tahun

“Semua harga yang ada di Indonesia tergantung mekanisme pasar. Tak dapat kewenangan satu tangan, semua ada mekanismenya,” jelas Amsakar.

Menurut dia, pemerintah daerah tak punya wewenang menentukan harga. Pemerintah hanya mengintervensi harga hingga turun jika terjadi lonjakan. Salah satu caranya adalah menggelar sembako murah.

Baca Juga :  Polda Kepri bekuk WNA Malaysia perekrut praktik TKI Ilegal

“Pemerintah hanya mengintervensi, tak bisa menetapkan harga,” terang Amsakar.

Kecuali, jika pemerintahlahlah yang memiliki pasar dan kemudian mendistribusikan ketahanan pangan. Pemerintah juga harus memiliki lahan pertanian untuk bisa menentukan harga.

“Kalau ini ada dipemerintah, mungkin pemerintah bisa mematok harga. Tapi ini kan tidak, pemerintah hanya mengendalikan,” pungkas Amsakar. (she)

Share :

Baca Juga

Berita

Meski Pandemi Covid-19, Pembangunan Desa Pulau Rengas Terus Bergeliat

Batam

BP Batam Gelar Konsinyering Rancangan Perka KEK Lingkup Lalu Lintas Barang

Batam

SAPMA Pemuda Pancasila Berbagi Takjil dan Masker

Ekonomi

Diserang Tumor Ganas, Anisa Butuh Uluran Tangan Dermawan

Ekonomi

Wakil Bupati Meranti Pimpin Upacara Kesadaran Nasional Dihalaman Kantor Bupati Meranti

Batam

Juara Umum, Walikota Batam Ucapkan Terimakasih Kepada Atlet Popda Ke VIII

Batam

Kemiskinan Membuat Mereka Jual Diri

Ekonomi

PGN Pasang 5.250 Sambungan Gas Rumah Tangga Di Batam
%d blogger menyukai ini: