banner 200x200

Home / Batam / Featured

Sabtu, 1 Oktober 2016 - 12:29 WIB

Latihan Perang-perangan Dilangit Batam

“Bandara Hang Nadim dalam beberapa hari ke depan, akan menjadi rumah untuk pesawat tempur TNI AU dengan latihan yang diberi nama Angkasa Yudha.”

 

Liputankepri.com – Bandara Hang Nadim, Batam akan menjadi pangkalan laju dari pesawat tempur TNI AU dalam latihan puncak Angkasa Yudha 2016, TNI AU, yang digelar, Senin (3/10/2016).

“Ini merupakan latihan rutin TNI AU, dan Batam sebagai pangkalan aju, untuk pewasat tempur Sukhoi yang telah stand by 5 pesawat hari ini. Puncak latihan digelar Kamis (6/10/2016) di Ranai, Natuna,” ujar Danlanud Tanjungpinang Kolonel (Pnb) Ign Wahyu Anggono, (30/9/2016).

Pada Kamis (6/10/2016) di Batam akan stand by 7 pesawat tempur Sukhoi, 10 pesawat tempur F-16 dan 2 Hercules. Menurut Kolonel Wahyu, latihan init dalam rangka sosialisasi dan memperkuat kemampuan masing-masing skadron.

“Teknisnya berupa sosialisasi latihan perang-perangan,” ujarnya.

Baca Juga :  Dispora Gelar Pelatihan Kegiatan Coaching Clinik Cabang Olahraga Karate 2018

Bandara Hang Nadim dalam beberapa hari ke depan, akan menjadi rumah untuk pesawat tempur TNI AU dengan latihan yang diberi nama Angkasa Yudha.

Latihan ini juga meningkatkan kesiagaan dan pengawasan wilayah perbatasan Kepulauan Riau.

“Pada saat latihan nanti, kami juga telah berkoordinasi secara diplomatik dengan negara tetangga akan menggelar latihan tempur,” ujarnya.

General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso menambahkan pesawat-pesawat tersebut telah ditempakan di VIP.

“Pesawat Sukhoi sudah datang sejak Kamis (29/9/2016) lalu. Nantinya pada Kamis (6/10/2016) depan, datang lagi pesawat tempur buatan Amerika F-16,” ujarnya.

Oerlikon Skyshield Disiapkan

Latihan Angkasa Yudha 2016 TNI AU di Natuna, juga akan menampilkan alutsista terbaru dengan kekuatan penuh.

Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Ranai, Kolonel (pnb) Nurtantio Affan mengakui nilai strategis dari latihan ini di Natuna cukup besar.

Baca Juga :  232 Jemaah Calon Haji Kloter 6 Beresiko Tinggi, TKHI Sarankan Jemaah Gunakan Alat Pelindung

Beberapa alutsista terkini, seperti jet tempur jenis Sukhoi, F-16, rudal dan oerlikon akan dicoba dalam latihan di Natuna.

 

“Kalau alat-alat (oerlikon, red) ini sudah dibangun dudukan permanen, suatu saat jika dibutuhkan bisa dipasang,” ujar Kolonel Affan, Kamis (29/9).

Penempatan peralatan terlihat di kawasan runway dan telah dibangun dudukan dudukan permanen untuk oerlikon atau senjata penembak untuk rudal.

“Natuna adalah pulau terdepan dan ideal menggalang kekuatan pertahanan. Seluruh kekuatan personel dan alutsista dikerahkan,” kata Kolonel Affan, saat meninjau base latihan di enclave sipil Ranai.

Presiden nantinya akan menyaksikan latihan ini yang juga dihadiri Panglima TNI, Kepala Staff TNI Angkatan Udara dan pejabat tinggi TNI AU lainnya.

Sumber : Batampos.co.id dan Tribunnews.com

Share :

Baca Juga

Featured

BP Batam bersama BKN Gelar Rapat Koordinasi

Batam

Akhirnya Bareskrim Meringkus Enam Pelaku Penculikan WN Malaysia di Batam

Featured

Bersimbah Darah,Pria Ini Tewas di Tembak Orang Tidak Dikenal

Batam

Malam Final Turnamen Futsal Piala Kepala BP Batam

Batam

Bea Cukai Batam Amankan Kapal Cepat Berisi Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Featured

Kapolres Karimun Gelar Apel Mantap Brata 2018

Batam

Bea Cukai Batam Berhasil Kumpulkan Penerimaan Negara Sebesar Rp4,94 Triliun Tahun 2022

Featured

Tes Perdana Nanti Akan Menjadi Momen Penting Karir Lorenzo Bersama Ducati
%d blogger menyukai ini: